Wujudkan Kualitas Personel Dit Pamobvit Polda Kalsel Profesional, Moderen dan Terpercaya

700 0

Direktur Pengamanan Objek Vital (Dir Pamobvit) Polda Kalimantan Selatan Kombes Pol Agus Mustofa mengungkapkan, Direktorat Pengamanan Objek Vital (Dit Pamobvit) Polda Kalimantan Selatan terus meningkatkan kesiapan dan kesigapan Sumber Daya Manusia (SDM) semakin profesional.

Dit Pamobvit Polda Kalsel lanjut mantan dosen Akpol Mabes Polri ini, bekerja mengacu pada tupoksi dan perannya. Kegiatan patroli Pam Obvit dilaksanakan setiap hari, sesuai arahan dari pimpinan dan dilengkapi dengan Surat Perintah Tugas. Patroli yang dilaksanakan antara lain patroli jalan kaki, patroli R2 dan patroli R4.

“Dit Pamobvit Polda Kalsel bertugas menyelenggarakan kegiatan pengamanan terhadap obyek khusus yang meliputi personel dan fasilitas, materiil logistik, kegiatan dalam fasilitas lembaga negara, perwakilan negara asing, lingkungan industri termasuk VIP dan obyek pariwisata yang memerlukan pengamanan khusus,” tegasnya, Senin (8/1/2018).
Perwira menengah yang pernah bertugas di Bareskrim Mabes Polri ini melanjutkan, pihaknya melakukan kinerja sesuai fungsinya seperti, melakukan pembinaan manajemen operasional dan pelatihan. Penyelenggaraan Anev serta pengumpulan dan pengolahan data, serta penyajian informasi dan dokumentasi program kegiatan.
Selain itu anggota Polisi Pariwisata juga melaksanakan pelayanan kepada wisatawan baik dalam bentuk memberikan informasi, petunjuk yang diperlukan wisatawan, juga memberikan pertolongan bagi wisatawan yang membutuhkan pelayanan.

Dit Pam Obvit juga menjalin kerjasama dengan biro-biro perjalanan, hotel-hotel, dan lokasi pariwisata serta kawasan industri , perkantoran, perbankan dan perusahaan yang ada di wilayah Kalsel untuk memberikan pelayanan keamanan.

Pengamanan lingkungan industri dan kawasan tertentu yang memerlukan pengamanan khusus. Pengamanan obyek wisata termasuk mobilitas wisatawan yang memerlukan pengamanan khusus. Pengamanan Kementerian dan lembaga negara termasuk VIP, yang memerlukan pengamanan khusus dan pengamanan perwakilan negara asing termasuk VIP, yang memerlukan pengamanan khusus.

“Peran Pam Obvit juga melakukan audit obvitnas, data awal, blue print, ancaman, gangguan dan sispamobvitnas. Melakukan bantuan pembinaan, koordinasi sispam dan pelatihan, serta bantuan operasional, giat rutin dan giat insidentil,” katanya.

Pam Obvit Polda Kalsel, juga melakukan kegiatan-kegiatan rutinitas secara intensif, yang lebih menitik beratkan menjalin komunikasi dan menjaga kepercayaan. Misalnya, menjaga prasarana wisata, serta objek vital lainnya.

“Personel Ditpamobvit melakukan tugas pengamanan lebih humanis, personelnya dalam melasanakan tugas memakai dasi pada beberapa lokasi wisata, industri, pabrik, perusahaan privat,” urainya.

Bahkan Dit Pamobvit Polda Kalsel menjalin kerjasama dengan PHRI Kalsel melakukan aktivitas pengawalan, patroli dan juga edukasi kepada masyarakat, berkunjung pada lokasi pengajiannya, patroli-patroli wilayah-wilayah objek vital dan strategis.
Pam Obvit Polda Kalsel secara intensif juga sudah menggelar Pelatihan Peningkatan Kemampuan Personil Dit Pamobvit dalam rangka Penanganan Pertama Unjuk Rasa di wilayah Obvit/Obvitnas. Hal ini dalam rangka penjabaran Keputusan Presiden RI No.63 tahun 2004 tentang Pengamanan Objek Vital Nasional.

Keberadaan PLN merupakan kawasan/lokasi, instansi dan usaha yang bersifat strategis hingga sangat berpengaruh terhadap hajat hidup orang banyak dan sumber pendapatan negara oleh karena itu perlu adanya PAM yang lebih dan dapat menyikapi setiap kerawanan yang terjadi.

Pelatihan bagi para personil Dit Pamobvit itu guna untuk meningkatkan standart kemampuan tekhnis yang dimiliki personil Polri sesuai kompetensi, Terwujudnya Kamtibmas yang kondusif, Keterpaduan antara Polri dan Obvit/Obvitnas yang solid dan mampu menghadapi masalah yang mungkin timbul.

Selain itu adanya kesamaan visi dan persepsi yang searah untuk menghindari kesalahpahaman dalam melaksanakan tugas di lapangan serta mempelihara koordinasi yang baik antara Polri dan Obvit/Obvitnas.

Pelatihan ini untuk mencermati perkembangan lingkungan strategis baik global, regional maupun nasional Ojek Vital sangat potensial menjadi target ancaman dan gangguan Kamtibmas termasuk terjadinya kecelakaan kerja, unras dan kebakaran.
Untuk mencegah dan mengantisipasi terjadinya ancaman dan gangguan yang dihadapi, maka perlu untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan personil pengelola Obvit/Obvitnas.

Diharapkan, dengan dilaksanakannya pelatihan ini, diharapkan muncul keterpaduan dan koordinasi yang baik antara Dit Pamobvit Polda Kalsel dengan PLN Sektor Barito serta meningkatnya kemampuan Preemtif karyawan PLN Sektor Barito dalam rangka menghadapi gangguan Kamtibmas.

idayusnita

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com