Visa Umroh Meningkat 80 Persen

Imigrasi Kelas I Banjarmasin sudah menerapkan sistem online layanan cepat hal ini dilakukan guna memotong upaya calo yang kerap menawarkan jasa pengurusan dokumen.
Saat ini Imigrasi menerapkan, sistem permohonan pasport online guna memudahkan masyarakat. Hanya jangka waktu 6 jam pengurusan beres.

Hal tersebut dikatakan, Kepala Imigrasi Kelas I Banjarmasin, Syahrifulah, Selasa (27/2), jumlah mayoritas pengurusan dokumen ke luar negeri, sebaanyak 80 persen mengurus visa umrah dan 20 persen ibadah haji. “Bahkan banyak jemaah yang bisa berangkat umrah hingga lebih dari dua-tiga kali,” katanya.

Syahrifulah menyebutkan, mayoritas jemaah umrah terbanyak dari luar daerah seperti Amuntai, Kandangan, Barabai, Tapin, Batola, justru jemaah umrah Kota Banjarmasin paling sedikit. Kantor Imigrasi Kota Banjarmasin mulai mewajibkan tiap biro perjalanan yang ada di Kalsel mencatumkan jumlah jemaah yang diberangkatkan untuk umrah.

“Karena selama ini pihak Imigrasi Kota Banjarmasin kesulitan melakukan pendataan jumlah jemaah yang berangkat umrah dari travel. Surat siap saya kirimkan ke semua biro perjalanan umrah, mulai besok. Kami ingin adanya transparansi jumlah. Sebab dikuatirkan ketika mrngajukan izin umrah ternyata ada jemaah yang justru menjadi TKA di Saudi Arabia,” ungkapnya.

Dikatakannya, selama ini biro perjalanan umrah tak mencantunkan jumlah orang yang mengikuti ibadah umrah ke pihak Imigrasi. Modus tak melaporkan jumlah jemaah yang mengikuti umrah tak bisa kami tolerir lagi. Misalnya ketika memberangkatkan umrah ke Saudi sebanyak 50 jemaah, tapi ketika sampai ke Indonesia jumlahnya menyusut menjadi 45 atau 40 orang. Kemungkinan ini yang akan cegah, kami tak mau disalahkam ketika nantinya ada TKI dideportasi karena menyalah gunakan dikumen kunjungannya.

“Jumlah jemaah umrah, karena tiap travel hanya mendaftarkan lewat travelnya sendiri dan tak dilaporkan dan hanya satu arah. Keberadaan travel umrah selama ini ditangani Kandepag. Pihak imigrasi tak menerima salinan jumlah jemaah yang umrah,” katanya.yus/inf

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Posts