Media Terverifikasi Dewan Pers
RedaksiPrivacy Policy
banner 728x250
Uncategorized  

BKKBN Petakan Kampung KB

banner 120x600
banner 468x60

Dalam mencapai sasaran rencana strategis BKKBN tahun 2015- 2019, sebagai gambaran saat ini sudah ada 155 kecamatan di Kalsel, 50 persen dari desa miskin harus dicanangkan sebagai Kampung KB. Kampung KB adalah salah satu daerah yang sebelumnya kumuh dijadikan daerah yang asri dan tertata.

Hal tersebut dikatakan Kepala Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Bencana Nasional (BKKBN) Kalsel Ina Agustina, Kamis (28/3), Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) bertema Penguatan Integrasi Lintas Sektor di Kampung KB Guna Mempercepat Terwujudnya Kualitas Sumber Daya Manusia.

banner 325x300

“Maksud dari Kampung KBi untuk meningkatkan kualitas hidup manusia, karena di kampung KB adalah daerah yang sudah masuk daerah yang layak di huni,” katanya.

Ina mengatakan, keseriusan BKKBN Kalsel hadirkan Kampung KB ini terlihat dengan kerjasama yang dilakukan bersama TNI, Polri dan tokoh masyarakat.

Hal senada dikatakan Staff Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Kalsel Hermansyah Manaf yang membuka acara Rakorda, berharap Rakoda bisa meningkatkan kinerja dalam memfasilitasi program keluarga berencana, di Kalsel, pemerintah menjadikan program keluarga bencana (pengendalian penduduk) sebagai bagian dari agenda prioritas dalam mengentaskan permasalahan sosial.

“Pengendalian penduduk, sebagai salah satu wujud dukungan terhadap agenda nawacita. Membangun Indonesia dari pelosok untuk melakukan revolusi,” ujar Hermansyah.

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan dan Pelatihan BKKBN Pusat, Muhammad Rizal Damanik menjelaskan, saat ini BKKBN sedang mengaktifkan kehadiran kampung KB di setiap desa dan kelurahan di Indonesia. Target bahwa tahun 2019 yang akan datang, semua daerah terpencil harus sudah menjadi kampung KB. Untuk mewujudkan mimpi itu, Rizal mengatakan di tahun 2018 sudah ditargetrkan 15 ribu kampung KB tersebar di Indonesia.

Dikatakan Rizal, kriteria misalnya program KB didaerah tersebut selama ini belum maksimal, angka kelahiran tinggi, begitu juga perekonomian di desa tersebut lebih rendah dibadingkan desa lainnya.
Sementara itu, Ketua PKK Kalsel Raudhatul Jannah Sahbirin Noor mengharapkan peran PKK dalam Kampung KB akan terus dibina untuk bisa menggerakan hingga pelosok Kalsel, terutama pemberdayaan masyarakat dan keluarga melalui peningkatan dasa wisma.

“ Dasa Wisma akan gerakkan Kampung KB guna mewujudkan kesehatan dan kesejahteraan keluarga. Kampung KB akan bersinergi dengan pihak yang terkait yang diperkuat dengan MoU. Kita berharap penyuluh keluarga aktif bergerak seperti jargonnya Kalsel bergerak. Kalau aktif bergerak, aktif bersosialisasi ke masyarakat lebih melakukan interaktif dengan masyarakat,” katanya. ida/inf

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *