Media Terverifikasi Dewan Pers
RedaksiPrivacy Policy
banner 728x250
Uncategorized  

Sertifikat CNC PT SILO Diragukan Pengacara Gubernur

banner 120x600
banner 468x60

Perusahaan pertambangan meski memperoleh serifikat Clear And Clean (CnC) tidak serta merta bahwa perusahaan tersebut tidak bermasalah. Yang menilai sertifikat CnC itu tidak memberi jaminan, sebab hanya berupa check list administrasi saja.

Hal tersebut dikatakan Kuasa Hukum Pemprov Kalsel, DR Andi M Nasrun, Kamis (29/3) dalam acara sidang membacakan jawaban tergugat dalam perkara sengketa SK Gubernur yang mencabut tiga Izin Usaha Pertambangan Operasi Peruduksi (IUP OP) milik Sebuku Grup, di PTUN Banjarmasin.

banner 325x300

Menurut Andi, jika pengajuan sudah memenuhi syarat yang ada check list-nya, maka mendapatkan serifikat CnC dalam perkara sengketa SK Gubernur yang mencabut tiga Izin Usaha Pertambangan Operasi Peruduksi (IUP OP) milik Sebuku Grup.
Persidangan yang dipimpin Lutfie Ardhian SH sebagai ketua Majelis didampingi Kusumua Firdaus SH MH dan Dewi Yustiani SH MKn sebagai hakim anggota.sidang berlangsung kondusif yang dihadiri banyak pengunjung.

Andi meminta, majelis hakim menolak gugatan yang diajukan Sebuku Grup dan menegaskan proses penerbitan CnC bisa saja berbeda. Karena hanya check list saja, maka CnC itu tidak membuktikan bahwa perusahaan penggugat sudah memenuhi persyaratan-persyaratan dalam proses pertambangan.

“CnC tidak menjadi syarat izin operasi pertambangan sehingga perusahaan tambang batubara tidak memerlukan sertifikat CnC, sama seperti pendaftaran parpol dalam pemilu, mereka hanya dicheck list saja, bukan berarti semua syarat dipenuhi,” terangnya.

Pernyataan Andi berbeda dengan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009, tentang Mineral dan Batubara agar memenuhi syarat CnC dengan kriteria administrasi, kewilayahan, finansial, teknis d‎an lingkungan. Jika tak terpenuhinya sertifikat CnC, maka perusahaan pertambangan tidak boleh melakukan produksi batubara dan pelanggaran atas ketentuan itu bisa diancam pidana. rel/inf

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *