Tingkatkan Keselamatan Kerja, Pelindo Berikan Pelatihan Confined Space Ruang Terbatas dan Gas B3

Pelindo III Banjarmasin merasa berkepentingan memberikan pengetahuan bagi mitra kerjanya yang bekerja di lingkungan pelabuhan, salah satu cara yang dilakukan Pelindo adalah dengan menggelar kegiatan Workshop Sosialisasi Confined Space Ruang Terbatas dan Gas B3, bertempat di ruangan VIP Pelabuhan Penumpang Trisakti, Rabu (28/03/2018) .

“Kami melihat resiko kecelakaan kerja di area terbatas sangatlah tinggi, utamanya di area yang menyimpan barang mudah terbakar. Untuk itu sosialisasi ini dilakukan, guna meningkatkan pehaman pekerja terhadap standar keselamatan kerja yang harus mereka penuhi,” kata General Manager PT Pelindo III cabang Banjarmasin, Ricky Julius Urailal kepada wartawan disela – sela workshop berlangsung.

Ricky mengatakan, pemberian pemahaman standar keselamatan kerja merupakan bagian penting untuk mencapai target Pelindo III cabang Banjarmasin yang menargetkan Zero Accident selama 2018. Bukan hanya terkait kelengkapan infrastruktur keselamatan kerja saja yang harus dipenuhi, kesadaran pekerjanya pun juga harus ditingkatkan agar target yang dicanangkan bisa terealisasi.

“Ke depan, kegiatan semacam ini akan semakin rutin kita gelar dengan cakupan yang lebih luas lagi. Baik untuk pekerja di lingkungan kerja Pelindo, anak perusahaan hingga mitra kerja,” ucapnya.

Sementara itu, instruktur kegiatan workshop dari PT Fitria Maritim, Lukman menambahkan, dalam kegiatan kali ini ada beberapa materi yang akan diberikan. Mulai dari undang-undang terkait standar pemakaian alat keselamatan kerja hingga tata cara melakukan upaya keselamatan di area terbatas.

Menurut Lukman, beberapa materi tersebut sangat penting diketahui pekerja pada area terbatas, mengingat biasanya kecelakaan kerja terjadi karena kelalaian pekerja dalam memperhatikan tiga hal tersebut.

“Ada sekitar 77 pegawai anak perusahaan,afiliasi, rekanan dan member HSE Kalimantan yang mengikuti kegiatan workshop, tentunya kita harapkan kegiatan semacam ini bisa rutin dilakukan agar semua pekerja bisa sama-sama berbenah untuk menekan zero accident,” ujarnya.

Hal senada, dikatakan Risa Rosdiana Manager SMK3 (Sistem Managemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja) Pelindo III Banjarmasin, langkah antisipasi Pelindo melakukan pelatihan dan meningkatkan pengetahuan bagi mitra kerjanya yang bekerja di lingkungan pelabuhan. Khususnya para buruh dan karyawan Pelindo yang tugasnya di lapangan, kita berikan pelatihan keselamatan. “Keberadaan SMK3 diharapkan kedepan bisa mengatasi persoalan yang ada dilingkungan pelabuhan khususnya menyangkut keselamatan kerja,”kata Risa. ida/inf

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Posts