Luna G8: Spesifikasi Canggih, Stylish, dan Multiguna

0
328 views

Sebagai seorang jurnalis, ketika diperkenalkan Luna G8 produk terbaru sebuah smartphone asal Korea Selatan pada sesi press conference Luna di Banjarmasin bulan Maret di sebuah hotel bintang empat tentu merasa senang dan bangga.

Pasalnya,  Luna, mengusung seri G8 sebagai senjata andalannya. Hadir dengan berbagai teknologi menarik yang cukup menjanjikan. Fitur yang paling dikedepankan oleh smartphone ini adalah kemampuannya dalam mengambil gambar lewat empat buah kamera yang tertanam didalamnya, masing-masing dua di depan dan di belakang.

Salah satu rekan jurnalis  Banjarmasin nyeletuk,  smartphone  canggih memang layak direkomendasikan dan pantas jadi andalan jurnalis di lapangan mencari berita dan momen kegiatan. Karena kedua kamera di depan memiliki resolusi 20 MP untuk kamera utama dan 8 MP untuk kamera sekunder.

Kamera utama sendiri mempunyai resolusi 10 % lebih besar dari 4P lens, cahaya yang masuk 20% lebih banyak dari aperture F2.2, serta daya tangkap cahaya lebih besar.

Sedangkan kamera sekunder lebih diperuntukkan dalam mendukung fitur group selfie dengan wide angle 120 derajat.

Untuk kamera belakang, Luna G8 menggunakan kamera utama dengan resolusi 13MP yang berfungsi untuk mengambil gambar, ditambah kamera sekunder resolusi 5 MP agar mengambil gambar yang lebih dalam.

Sedangkan untuk menu lainnya, smartphone ini mengusung full screen HD ukuran 6 inch dengan rasio 18:9. Sedangkan dapur pacunya, mengadopsi chipset Helio P25 (MT6757CD) dari Mediatek, prosesor octacore cortex-A53 2,6 GHZ, RAM 4 GB, serta ROM 64 GB.

Smartphone teranyar Luna ini menggunakan Android versi Nougat yang nantinya dapat di-upgrade menjadi versi Oreo.

Salah satu fitur yang cukup ditonjolkan oleh Luna G8 adalah ketahanan baterai yang dimilikinya dengan kapasitas 4.010 mAh yang didukung dengan fitur fast charging.

Luna G8 dilego dengan harga yang terbilang kompetitif,   dengan segudang fitur canggih ini, Luna G8 hanya dibanderol di harga Rp 3 jutaan.

LUNA, membacanya mengingatkan saya pada seorang artis cantik Indonesia dan nama kucing Sailormoon. Tapi LUNA yang ini berbeda. LUNA adalah brand smartphone yang booming di Korea Selatan pada awal peluncurannya. Makin penasaran dong dengan LUNA.

Menggenggam Luna G terasa pas di tangan. Body-nya berbalut metal yang nampak kokoh dan tidak licin. Bentuk tepinya melengkung, membuatnya semakin stylish dengan desain ramping.

Sebagai smartphone premium, Luna G8 dilengkapi spesifikasi kelas atas. Foxconn yang terkenal sebagai produsen smartphone kelas dunia meproduksi Luna G8 dengan ketelitian tinggi. Sebagai dapur pacu dipilih processor Qualcomm Snapdragon 801 2,5 GHz quad-core dan grafis GPU Adreno 330. Prosesor seri ini memiliki performa stabil dan handal. OS Android 6.0 Marshmallow dengan RAM 3 GB untuk memudahkan multi-tasking sehingga lancar menjalankan banyak aplikasi di saat bersamaan. Memori internalnya 64GB dan bisa ditambah micro SD up to 128 GB. Dengan kapasitas seperti ini, main game HD pun lancar.

Bermain game, mencatat pekerjaan, membaca e-book, berkirim surel, maupun membalas chat di antara 2 simcard (support 4G dual simcard) seharian tetap bisa dijalani tanpa harus sering mengisi baterai. Luna G8 dilengkapi baterai Li-ion berkapasitas 3.000mAh yang mendukung quick charge and fast charge 2.0. Hanya menunggu 1 jam, 80% daya terisi.

Selain itu terdapat Bluelight Filter untuk mengurangi intensitas warna biru pada layar. Memandangi layar smartphone terlalu lama dapat membuat mata lelah. Fitur ini berguna untuk mencegah kelelahan mata.

Bagi yang suka eksis dan narsis, smartphone ini cocok untukmu. Kamera belakang 13MP dengan dual tone LED flash membuat pencahayaan semakin optimal. Sedangkan kamera depan 8MP dengan 80 derajat wide angle membuat foto tampak lebih luas. Pengaturan juga bisa dilakukan secara manual, seperti white balance, metering, dan ISO hingga 1600.

Banyak mode pemotretan yang bisa dicoba. Ada 22 pilihan scene dan 25 filter effects termasuk watermark, time lapse, slow motion, dan object eraser. Fitur object eraser ini dapat mendeteksi objek yang tidak dikehendaki. Niatnya mau foto berdua eh ada yang nampang di belakang bisa dihapus dengan fitur ini.

Ada cara unik untuk mengangkat telepon. Cukup dekatkan Luna G8 ke telinga tanpa menekan tombol apapun. Begitu pula bila hendak menolak telepon masuk dengan membalik Luna G8 sehingga layarnya tertutup.

Tak hanya itu, unlocking screen dapat menggunakan fingerprint juga eKTP! Supaya aman dari pihak-pihak yang usil, simpan baik-baik eKTP, ya.

Urusan transfer file, dapat menggunakan Bluetooth, NFC, maupun USB OTG. NFC ini tak hanya untuk pindah-memindah file tetapi juga berfungsi mengisi saldo Flazz atau e-money. Semakin mudah tanpa perlu ke ATM.

Disamping bentuknya yang elegan dengan fitur canggih, Luna juga kuat. Smartphone ini benar-benar kuat karena tidak rusak setelah dilindas mobil. Bahkan layarnya disiram air pun masih oke. Kalau gini, HP ga sengaja terjatuh masih aman deh. FYI, pembuktian yang ini bukan saya yang melakukan, ga tega dengan si Luna. Sila cek di YouTube: Extreme Review with Arbain Rambey.

Belum selesai takjub menonton Luna dilindas mobil, saya kembali takjub ketika mengetahui harganya. Luna G8 hanya Rp3 jutaan sekian- sudah termasuk bonus hardcover dan anti gores.

penulis  : ida yusnita

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.