SMSI

Penggeladahan Serentak Se-Indonesia di Lapas Banjarbaru

Penggeladahan Serentak Se-Indonesia di Lapas Banjarbaru

Banjarbaru – Penggeledahan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Se-Indonesia.Senin (16/04), bertempat di Lapas Kelas III Banjarbaru Satuan Tugas Kemanan dan Ketertiban (Satgas Kamtib) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Kalsel bersama Satgas Kamtib Lapas Banjarbaru dan Calon Pegawai Negeri Sipil dengan total personil kurang lebih 126 petugas melakukan penggeledahan pada Blok hunian dimana jumlah penghuni keseluruhan 761 WBP dari Kapasitas Lapas sebanyak 798 orang.

Kepala Divisi Pemasyarakatan, Anas Saeful Anwar yang langsung memimpin giat penggeledahan serentak yang dipusatkan di Lapas Kelas III Banjarbaru yang dilakukan penggeledahan oleh Satgas Gabungan Kanwil.

“Kegiatan penggeledahan blok, kamar dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) secara serentak, untuk dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, hati-hati dan penuh kewaspadaan dan berdayakan petugas yang ada.” kata Kadiv Pemasyarakatan, Anas Saeful Anwar selaku Ketua Satgas Kanwil Kalsel.

Masih dalam rangkaian kegiatan Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-54 dimana telah dilangsungkan Pekan Olahraga antar Unit Pelaksana Teknis Se-Kalsel dan termasuk kegiatan penggeledahan serentak pada Lapas dan Rutan Se-Indonesia.
Kepala Bidang Bimkeswat Lolabasan dan Baran, Samsul Arifin selaku Ketua Panitia Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-54 menyampaikan, kegiatan penggeledahan serentak Ini merupakan rangkaian kegiatan hari ulang tahun Pemasyarakatan Ke-54 untuk itu agar dalam pelaksanaan nya dilakukan dengan Santun dan teliti dimana target kita adalah Narkoba dan Hp.

.
“Penggeledahan serentak di Lapas dan Rutan di Kalsel dilakukan masing-masing Satgas Intern dimana waktu pelaksanaan disesuaikan dengan kondisi setempat dengan mempertimbangkan faktor keamanan dan ketertiban masing -masing UPT,” tegas Samsul.

Sementara itu Kepala Lapas Banjarbaru, Akhmad Herriansyah mengatakan,  mengapresiasi kegiatan Ini karena membantu petugas Lapas Banjarbaru dalam rangka memberantas Pungli, HP, dan Narkotika serta obat terlarang.

“Kegiatan penggeledahan juga rutin sebulan 4 kali dilaksanakan oleh Satgas Intern Lapas sebagaimana gerakan One Month Four Actions,”ungkapnya.

Adapun hasil barang temuan penggeledahan langsung dimusnahkan dengan cara dibakar oleh Ketua Satgas Kanwil disaksikan Kepala Lapas Banjarbaru, Akmad Herriansyah, Ketua Panitia, Samsul Arifin, Kabid Binbimpastasnak dan Infokom, Kusbiantoro, Kasubid Keamanan, Sugito beserta para anggota Satgas lainnya berupa Hp 3 buah, Kabel Charge 1 buah dan barang-barang lain yang dilarang digunakan di dalam Lapas dan tidak ditemukan Narkoba.

Usai melakukan penggeledahan serentak seluruh petugas langsung dilakukan pemeriksaan urin sebagai komitmen dalam menjaga Integritas dan komitmen petugas dalam pemberantasan Narkoba.rel/hum

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan