Media Terverifikasi Dewan Pers
RedaksiPrivacy Policy
banner 728x250
Uncategorized  

Peran Utama Guru Dalam Menjaga NKRI 

banner 120x600
banner 468x60

Banjarmasin,InfoBanua.Guru merupakan sosok utama dalam mewujudkan kedaulatan negara,karena melalui peran gurulah akan lahir seorang pemimpin-pemimpin bangsa yang tangguh,Kata Anggota MPR RI Habib Hamid Abdullah di hadapan peserta Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang di laksanakan oleh Forum Guru Honorer Banjarmasin,di Banjarmasin,Selasa (17/4/2018).

Menurutnya tidak bisa dipungkiri, pahlawan tanpa tanda jasa ini merupakan baris terdepan bangsa, dalam memberikan warna terhadap bangsa terutama generasi muda sebagai penerus Bangsa.

banner 325x300

“Bayangkan saja bila negara ini tidak ada guru. Akan jadi apa negara ini? Selain tak ada masa depan, yang ada kita akan selalu dibodohi oleh negara lain. Untuk itu, guru merupakan instrumen penting di dalam bernegara. Karena itu kita mengajak para Guru untuk bersama-sama dalam menyebarkan dan menanamkan ideologi bangsa yang terkandung dalam Empat Pilar Kenegaraan di kalangan anak didik,” jelas Anggota DPD RI Daerah Pemilihan Kalimantan Selatan.

Menurut Habib Hamid pihaknya tidak mungkin bisa masuk ke kalangan pelajar tanpa keterlibatan para guru. Padahal di satu sisi, pemahaman Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, serta UUD 1945 sebagai Konstitusi negara serta ketetapan MPR, tetap harus disebarluaskan ke semua lapisan masyarakat,termasuk pelajar.

Pelajar pun harus harus disebarkan,dan di tanaman kangkung ideologi kebangsaan agar pelajar paham Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara sejak dini. Untuk itu di perlukan peran seorang guru yang jadi jung tombak dalam mempertahankan ideologi bangsa agar bangsa dan negara Indonesia tetap utuh,tegasnya.

“Sejak usia dini pemuda di Indonesia harus sudah memahami pentingnya Pancasila dan UUD 1945. Sehingga nantinya, kalangan pemuda dalam menyongsong masa depan lebih peduli terhadap bangsa dan negara ini,” imbuhnya.

“Rasa nasionalis terhadap negara di era keterbukaan dirasakan mulai mengendur. Sangat berbahaya bila dibiarkan. Karena, kesalahan pemahaman, sangat mengkhawatirkan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara,”ujarnya

Sebagai anggota MPR RI yang memiliki tanggung jawab, terus berusaha menghidupkan kembali nilai-nilai perjuangan dan rasa nasionalisme diseluruh lapisan masyarakat,melalui kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan,pungkas Habib Hamid Abdullah.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *