Kontak Tani, Nelayan Andalan (KTNA) Harus Proatif

oleh -3 views

Kontak Tani /Nelayan Adalan (KTNA) adalah organisasi sosial pertanian mitra penyuluh dilingkungan kementerian pertanian berfungsi sebagai pasilitator dua arah dari petani kepada pemerintah dari pemerintah kepada petani.(Secara berjenjang kementerian pertanian dengan petani ) Karena itu KTNA sebagai penyuluh swadaya perlu ada jiwa mandiri tidak menanti informasi dari PPL .Demikian Kepala BPP kecamatan Martapura Barat Nudin SP, saat pengukuhan KTNA kecamatan Martapura Barat yang dilakukan ketua KTNA kabupaten Banjar H.Sabeli ,Kamis 19 April 2018.

Nudin mengingatkan, kepada KTNA selalu bergerak tanpa jadwal ,mengenai kondisi pertanian dan banyak berkonsultasi dengan petani, menggali informasi apapun ruang lingkup pertan yang diteruskan kepada PPL untuk ditindaklanjuti.KTNA sebagai penyuluh swadaya dan mandiri harus peka terhadap kondisi lingkungan pertanian.

Nurdin mengatakan, informasi yang akurat sesuai fakta baik dari pemerintah kepada petani maupun sebaliknhya. Menyinggung kondisi pertanian saat ini tegas Kepala BPP terbaik di kabupaten Banjar tersebut, dengan kejadian serangan virus tungro yang mulai mewabah di belahan kabupaten Banjar (Beruntung baru), dan di Martapura Barat juga sudah ada tanda-tanda bahkan sebagain sudah terjangkit didesa Penggalaman dengan luas lebih 4 hektar.

Dijelaskanya, harus waspada sehingga bisa diantisipasi segera dan bersama-sama. Informasi lain disampaikan pula masalah manfaat kartu tani, penjelasan modal usaha tani, dengan pengajuan pinjaman dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) melalui Bank BRI .

Susunan KTNA Martapura Barat periode 2018/2023 yang dikukuhkan adalah Ketua Mohamad Yasfat, wakil ketua Tugimin, sekretaris Jamani wakil sekretaris Samsudin , dan bendahara Masmuri. Untuk posisi bidang-bidang adalah bidang Tanaman Pangan Suwandi, bidang hortikultura Juhaemi, bidang perlindungan tanaman Fauziani, bidang perkebunan Kasim, bidang peternakan Aspani, bidan g perikanan Abdul Wahab, humas Hamdaeni, bidang Indutri perdagangan dan koperasi (IPK) Baehaki, bidang penangkaran Maskur, bidang pengairan Anang Rojani, alsintan Safiqurrachman, bidang Saprodi M.Mailani, dokumentasi Rusdi dan bidang pemberdayaan perempuan Noorjanah.

Ayi Kuswana

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.