Aspirasi Masyarakat Memegang Peran Penting Dalam Menentukan Arah Kebijakan Pembangunan

Martapura,Info Banua.Anghota MPR RI/DPD RI Dapil Kalimantan Selatan Natung Fatmawati menggelar Dengar Pendapat dengan masyarakat danbtokoh di Desa Aluh Aluh,kabupaten Banjar,Sabtu (21/4/2018).

Rapat dengar pendapat dengan masyarakat merupakan bagian dari kegiatan anggota legislatif yang bertujuan untuk menyerap aspira masyarakat atas pembangunan yang di laksanakan oleh pemerintah,dan arah kebijakan pembangunan kedepannya.

Pemerataan pembangunan di Negara Kesatuan Republik Indonesia ditunjang oleh sistem ekonomi yang baik. Begitupula sistem ekonomi yang baik akan memberikan dampak kepada negara yang mana telah menunjang pembangunan yang merata. Peran serta masyarakat sangatlah penting,kata Antung Fatmawati.

Menurutnya masyarakat terdiri dari semua elemen yang mencakup masyarakat bawah, menengah, atas. Peran masyarakat bawah dalam membangun negeri dengan membuka dan menjalankan usaha kecil.

Perekonomian suatu negara dapat diukur dari perputaran atau cash flow yang indikatornya dimulai dari ekonomi masyarakat bawah, seperti usaha kecil dan menengah,kata Antung Fatmawati.

Roda pengerak perekonomian negara dimulai dari tahap ini. Sehingga menciptakan lapangan usaha dan perekonomian yang berkesinambungan. Dari sinilah perekonomian digerakkan. Kemudian dengan roda perekonomian kecil dan menengah yang merata, maka singkop ruang lingkup ekonomi kelas atas akan ikut berputar dengan baik. Di tahap ini, merupakan indikator yang lebih tinggi dari perekonomian suatu negara. Daya beli dan daya jual yang berkesinambungan akan menciptakan ekonomi berkelanjutan untuk keberlangsungan perekonomian Negara Kesatuan Republik Indonesia,jelasnya.

Penyerapan aspirasi dilakukan sebagai penunjang dan untuk mengetahui urgensui pembangunan. Maka dari itu semua pengaduan dan permasalahan yang ada di masyarakat diserap melalui masa proses penyerapan aspirasi atau masa reses anggota DPR atau anggota DPD. Setelah semua aspirasai masyarakat diserap, anggota DPR dan anggota DPD melaporkan semua hasil penyerapan aspirasi masyarakat,imbuh Antung Fatmawati.

Kemudian laporan tersebut dijadikan bahan pertimbangan untuk kementrian terkait danm pemerintah daerah untuk diberikan bantuan dan dilakukan pembangunan di daerah yang memiliki tingkat urgensi dan membutuhkan. Lembaga legislatif, dan eksekutif seperti bupati dan gubernur, tentunya juga harus bersinergi dengan masyarakat untuk mewujudkan pembangunan merata dan ekonomi berkelanjutan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas.(*)

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Posts