Kepala Desa, Babinkamtibmas dan Diskominfo Batola Jadi Relawan Penyuluh Narkoba

Perang terhadap narkoba dilakukan BNNK Batola diseluruh wilayah di Kabupaten Batola. Berbagai dilakukan diantaranya gencar melakukan penyuluhan, sosialisasi serta pelatihan dan pembinaan masyarakat anti narkoba.

Upaya BNNK Batola dilakukan dengan tujuan pembentukan Desa Bebas narkoba di setiap Kecamatan Kabupaten.Batola. Kerjasama lintas sektor dalam penyebarluasan Informasi P4GN bersama Diskominfo dengan penandatanganan MoU.

Kegiatan dilakukan di Hotel Prima Batola Marabahan, Senin (30/4/2018) mulai pukul 09.00 – 17.00 wita. Yang diikuti 40 peserta terdiri dari Kepala Desa (Desa Rawan Narkoba) di 17 Kecamatan, Babinkamtibmas dan Diskominfo Kabupaten Batola.

Narasumber dalam acara ini yakni, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Drs.Dahlan,M.AP, isi Materi “Pemanfaatan Anggaran Dana Desa (ADD) untuk mendukung program P4GN”.

Kasat Binmas Polres Batola (AKP. Agus Jatmiko) isi materi “Peranan Babinkamtibmas Dalam Memberantas Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba”. Kepala BNNK Batola Drs.Pepsodeni isi materi “Optimalisasi Peran Instansi Pemerintah Dlm Mendukung Program P4GN”.

Kasi P2M (Aberansyah, S.Sos) isi Materi ” Peran Serta Relawan, Implementasi Rencana Aksi Desa Bebas Narkoba dan Dampak Negatif Penyalahgunaan Narkoba”

Kegiatan diawali dengan sambutan sekaligus pembukaan secara resmi oleh Kepala BNNK Kabupaten Batola, dilanjutkan dengan penandatangana Mou oleh Kepala BNNK Batola Drs.Pepsodeni dan Kepala Diskominfo Kabupaten.Batola Akhmad Wahyuni, S.Sos, M.IP, pemberian materi oleh 4 orang narasumber dan diakhiri dengan tanya jawab dan brainstorming oleh seluruh peserta

Hasil yang dicapai pada acara ini yakni, penandatanganan kerjasama (MoU) antara BNNK Batola dan Dinas Kominfo Batola. BNNK Batola sbg leading sector dalam mendorong P4GN di Kab.Batola dan Diskominfo sebagai fasilitator dalam mendukung Program P4GN untuk penyebarluasan informasi P4GN.

Adanya alokasi anggaran dana desa untuk mendukung Program P4GN kesediaan Babinkamtibmas dalam mendukung terbentuknya Desa Bebas Narkoba. Aparat Desa akan membentuk Desa Bebas Narkoba dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait serta mendukung program pencegahan melalui penyuluhan/spanduk/program di Desa dengan bimbingan BNNK Batola dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD)

Aparat desa akan mendukung program rehabilitasi bekerjasama dengan BNNK Batola aparat desa akan bekerjasama dengan BNNK Batola dan Babinkamtibmas dalam pemberantasan peredaran gelap narkoba di lingkungan masyarakat di desa masing-masing. Kegiatan diakhiri dengan interaktif tanya jawab, saran dan masukan dari seluruh peserta raker dengan sambutan respon yang sangat positif dan dukungan penuh untuk membentuk desa bebas narkoba.

rel/yus

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Posts