Media Terverifikasi Dewan Pers
RedaksiPrivacy Policy
banner 728x250
Uncategorized  

Kinerja Unit Layanan Paspor Barabai Tinggi

banner 120x600
banner 468x60

Sebanyak 1.120 paspor Jemaah Calon Haji (JCH) tahun 2018 telah diterbitkan oleh Unit Layanan Paspor (ULP) Barabai di Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang dilaksanakan sepanjang bulan Maret dan April.

Demikian disampaikan Bowo, Kasubsi Perizinan yaitu pejabat imigrasi penanggung jawab ULP Barabai. Ia setiap harinya bekerja dalam 3 buah Rumah Toko (Ruko) yang disewa Kanim Banjarmasin, dibantu oleh 4 orang Calon Pegawai Negeri Sipil Analis Keimigrasian Pertama (CPNS AKP) dan 5 orang pegawai honorer yaitu 2 orang Satpam dan 3 orang Pembantu Administasi.

banner 325x300

Secara keseluruhan, periode Januari-April, ULP ini telah menerbitkan paspor 48 halaman sebanyak 5.175 termasuk paspor JCH tersebut yaitu bagi masyarakat yang berasal dari daerah Banua Anam (Kabupaten Tapin, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kabupaten Balangan dan Kabupaten Tabalong).

Sementara itu Syahmier Kepala Subseksi Sarana Komunikasi Kanim Banjarmasin menyampaikan, bahwa pada periode Januari – April 2018, Kanim Banjarmasin telah menerbitkan paspor 24 halaman sebanyak 53 buah dan 48 halaman sebanyak 13.933 buah.
Sedangkan penerbitan izin tinggal bagi warga negara asing adalah sebagai berikut :
a. Izin Tinggal Kunjungan (ITK) paling lama 180 hari = 38;
b. Izin Tinggal Terbatas (ITAS) 6 bulan dan 1 tahun = 249
c. Izin Tinggal Tetap (ITAP) seumur hidup = 23 orang;
d. Izin Kemudahan Khusus Keimigrasian (DAHSUSKIM) untuk WNA yang melakukan kegiatan di perairang/laut = 6 orang

Jadi WNA pemegang izin tinggal di wilayah kerja Kanim Banjarmasin yang wilayah kerjanya meliputi seluruh Kalimantan Selatan kecuali Kabupaten Kotabaru dan Tanah Bumbu; adalah sebanyak 316 orang yang mayoritas ialah WN RRT yaitu sebagai TKA di sektor perkebunan dan pertambangan, disusul WN Korea di sektor pertambangan dan guru SMA dari Turki serta Rokhaniawan.

Di tempat lain, Ma’mum Kepala Seksi Insarkom Kanim Kelas 2 Batulicin menyampaikan, bahwa pada periode Januari-April 2018, kantornya telah menerbitkan paspor 48 halaman sebanyak 2.143 dan ITK = 16 orang, ITAS = 12 orang sedangkan ITAP dan DAHSUSKIM tidak ada sama sekali. Para pemegang ITK dan ITAS mayoritas WN RRT untuk sektor pertambangan Batubara dan WN Malaysia untuk sektor perkebunan kelapa sawit.

Di tempat terpisah, Dodi Karnida Kepala Divisi Keimigrasian Kalimantan Selatan menyatakan, bahwa dalam pelayanan paspor maupun izin tinggal untuk orang asing itu tidak terlepas dari fungsi pengawasan keimigrasian baik pengawasan administrasi yaitu penelitian atas keaslian dan keabsahan dokumen persyaratan untuk mendapatkan paspor atau izin tinggal, maupun pengawasan lapangan misalnya jika ada yang diragukan dokumen identitas seorang WNI pemohon paspor atau jika harus dilakukan penelitian mendalam atas keberadaan dan kegiatan seorang WNA.

Mengenai perbedaan antara paspor 24 halaman dan 48 halaman, Dodi menyatakan bahwa tidak ada perbedaan derajat maupun masa berlakunya yang sama-sama 5 tahun. Yang ada adalah perbedaan harga dan selera atau kebutuhan masyarakat saja. Harga paspor 24 halaman adalah Rp. 155.000.- (seratus lima puluh lima ribu) sedangkan 48 halaman adalah Rp. 355.000.0 (tiga ratus lima puluh lima ribu).

Selanjutnya Dodi menyampaikan, apresiasi yang tinggi bagi jajaran Kanim Banjarmasin yang saat ini dikepalai oleh Syahrifullah dan juga kepada Bowo penanggung jawab ULP Barabai beserta Timnya, karena selama ini telah menunjukkan kinerja yang tinggi dengan penuh keikhlasan. Bayangkan, di tempat yang jauh dari Banjarmasin sebagai ibukota provinsi, Imigrasi secara mandiri, mengeluarkan anggaran sendiri dapat hadir di tempat yang strategis di Barabai untuk melayani masyarakat Banua Anam.
Khusus selama pelayanan paspor bagi JCH bulan Maret-April kemarin, ULP melayani JCH setiap hari sebanyak 40 orang per kabupaten ditambah dengan permohonan reguler Non JCH sebanyak 40 orang juga sehingga ULP harus melayani 80 orang permohonan setiap hari.

Kinerja seperti jajaran imigrasi ini merupakan realisasi dari visi dan misi pemerintahan Presiden Jokowi sebagaimana selalu ditegaskan oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly bahwa negara harus hadir untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya di tempat yang dekat dengan masyarakat.

rel/inf

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *