Media Terverifikasi Dewan Pers
RedaksiPrivacy Policy
banner 728x250 banner 728x250
Uncategorized  

BI Gerakkan Mobil Kas Keliling Siapkan Penukaran Uang Recehan

banner 120x600
banner 468x60

Guna memudahkan seluruh lapisan masyarakat, Bank Indonesia menggerakan mobil kas keliling, serta perahu kas keliling di sungai, yang akan disiagakan di seluruh pasar tradisional, pusat keramaian, terminal, pelabuhan. “Kas keliling akan mobile, untuk memberikan layanan penukaran uang pecahan di Kalsel.

Hal tersebut dikatakan Kepala Kantor Wilayah Bank Indonesia Perwakilan Kalsel, Herawanto, dalam acara Diseminasi Laporan Perekonomian Indonesia 2017 sekaligus buka bersama dengan media pers, Senin (21/5). Memberikan uang baru yang diberikan pada handai taulan tampaknya sudah menjadi budaya saat Idul Fitri. Untuk itu, Bank Indonesia (BI) Kalsel telah menyiapkan Rp 3,6 triliun miliar uang baru untuk Kalsel. Angka ini meningkat dibandingkan tahun 2017 yang disediakan sebanyak Rp 2,7 triliun.

banner 325x300

“Bank Indonesia sudah menyiapkan uang pecahan mulai pecahan kecil hingga pecahan besar sebanyak Rp3,6 triliun menjelang lebaran tahun 2018 ini. Jadi masyarakat tak perlu kuatir,”ujar Herawanto.

Dikatakan Herawanto, dalam pendistribusian uang pecahan terbaru ini, BI merangkul Asosiasi Perbankan Daerah (Asbanda) untuk kemudian didistribusikan ke perbankan lainnya. Dari Rp 3,7 triliiun ini 80 persen merupakan emisi uang lama dan 20 persennya emisi pecahan uang terbaru. Masyarakat yang ingin menukarkan uangnya dengan emisi terbaru, bisa datang ke layanan mobil kas keliling setiap hari di kantor bank terdekat.

“Pelayanan kas keliling dari BI maupun perbankan, bertujuan untuk menghindari praktik jual beli penukaran uang di masyarakat. Dengan tujuan, mempermudah masyarakat yang ingin menukar uangnya. Penukaran uang pecahan di BI Kalsel tak ada pembatasan . Hanya saja ketika antrean begitu banyak dan panjang memang disesuaikan dengan jam kerja kantor,”tutur Herawanto.

Ditambahkan Herawanto, kepada penukaran uang yang ada di jalan-jalan, pihaknya tak bisa melarang. Karena memang mereka juga melihat peluang usaha jasa, saat lebaran ada peluang usaha dengan menjual jasa penukaran uang. ida/inf

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *