Media Terverifikasi Dewan Pers
RedaksiPrivacy Policy
banner 728x250
Uncategorized  

Jelang Pilpres 2019, Diprediksi Picu Perpecahan Antar Parpol

banner 120x600
banner 468x60

Menjelang digelarnya pemilihan presiden (Pilpres) 2019, sejumlah pihak menilai akan terjadi perpecahan antar partai politik (Parpol). Bahkan perpecahan tersebut akan semakin menguat. Perpecahan itu juga dinilai dipicu oleh adanya perbedaan calon yang didukung pada perhelatan demokrasi lima tahunan tersebut. “Jadi perpecahan partai politik tahun 2014, berpotensi terjadi lagi di tahun 2019,” kata Direktur Eksekutif LSIN Yasin Mohammad, Minggu (27/5/2018).

Menurutnya, perbedaan pilihan calon yang akan diusung juga berdampak pada perseteruan antar papol. Hal itu tak menutup kemungkinan perseteruan tersebut terjadi pada sebuah koalisi. “Perbedaan beda pilihan ini sekaligus menimbulkan dampak berupa perseteruan antara koalisi elit versus koalisi kader parpol,” ujarnya.

banner 325x300

Dirinya pun mempertanyakan kepada partai pendukung baik di koalisi Joko Widodo (Jokowi) maupun koalisi Prabowo Subianto apakah dukungan yang diberikan sudah final. Jika dukungan tersebut belum final, perpecahan tersebut akan nyata terjadi pada partai politik. “Pertanyaan besarnya, apakah dukungan atau sikap resmi parpol saat ini terhadap calon presiden Jokowi atau yang bukan Presiden Jokowi adalah sikap final kader, simpatisan atau pemilih pada Pilpres 2019? Jika jawabannya tidak, maka ancaman perpecahan jelas nyata di tubuh parpol,” ucap Yasin.

breakingnews

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *