Polda Kalsel Tampilkan Jukung Terbanyak Raih Penghargaan Museum Rekor Dunia

Upaya Polda Kalsel mengumpulkan perahu jukung terbanyak 320 buah berbuah tercatat di Museum Rekor Dunia Indonesia (MRDI). Kegiatan dalam HUT Bhayankara ke-72 ini juga mendapat apresiasi warga kota Banjarmasin,yang berharap dijadikan agenda tahunan.

Kapolda Kalsel Brigadir Jenderal Rachmat Mulyana, HUT Bhayangkara momentum  kebersamaan dengan rakyat dan silaturahmi POLRI, TNI, bersama warga kota Banjarmasin. “Kami menjalin dan mempererat silaturahmi antara Polri seluruh elemen masyarakat,” katanya.

Rachmat mengatakan, jukung dan pasar terapung ikon unik yang dimiliki Kota Banjarmasin harus dijaga dan dilestarikan. Makanya pada momen HUT Bhayangkara jukung terbanyak dicatatkan ke rekor muri.

Perwakilan Rekor Museum Dunia Indonesia, Osmar Semesta Susilo mengatakan, pihaknya melihat upaya pengumpulan jukung sangat unik dan pertama dilakukan. Sehingga bisa dimasukkan ke MURI. “Perahu jukung merupakan ikon Kota Banjarmasin yang dikenal sebagai Kota Seribu Sungai. Ia menilai HUT Bhayangkara ke-72 membuktikan POLRI peduli dengan kebudayaan,” katanya.

Kegiatan parade jukung terbanyak seperti yang dikatakan Kabid Humas Polda Kalsel AKBP M Rifai dimaksukan untuk dicatatkan pada Museum Rekor Dunia Indonesia. “Keberadaan pasar terapung yang ada di Siring Tendean menjadi pertimbangan Polda Kalsel untuk dijadikan momen dicatatkan ke museum rekor dunia, lewat parade jukung terbanyak yang diikuti ratusan jukung milik warga Banjarmasin,” katanya, ketika diminta alasannya menampilkan jukung terbanyak di Sungai Martapura, Minggu (1/7).

 

Menurut Rifai, Polda Kalsel ikut peduli dengan budaya yang dimiliki seperti pasar terapung dan jukung yang menjadi ciri khas alat transportasi sungai yang digunakan oleh sebagian warga dalam melaksanakan aktivitasnya. “Semoga lewat pasar terapung di Sungai Martapura Siring Tendean dan jukung untuk atraksi susur sungai mampu menggairahkan dunia wisata di Kota Banjarmasin,” katanya.

 

Kegiatan semakin semarak dan menarik karena panitia pada kegiatan ini menyiapkan ratusan hadiah door prize bagi masyarakat yang hadir di acara parade jukung terbanyak. Dimana sebelumnya Kapolda Kalsel bersama pejabat utama melakukan senam sehat bersama dengan warga yang hadir.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Posts