Media Terverifikasi Dewan Pers
RedaksiPrivacy Policy
banner 728x250
Uncategorized  

KRPL Perkuat Ekonomi Rumah Tangga

banner 120x600
banner 468x60

Dinas Ketahanan Pangan (DKP) kabupaten Banjar tahun 2018 sedang membina 5 Kawasan Rumah Pangan Lestari yang permanen. Pelaksanaan kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) tahun 2018, dibiayai dengan dana bantuan pemerintah melalui dana dekonsentrasi provinsi Kalimantan Selatan. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas konsumsi pangan masyarakat untuk membentuk pola konsumsi pangan yang baik.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Ketahanan Pangan kabupaten Banjar Ir H Eddy Hasby MP, di Martapura saat dikonfirmasi kelanjutan program ekonomi rumah tangga yang dikelola kaum wanita (ibu rumah tangga), Selasa (10/7). Kegiatan KRPL juga dilaksanakan dalam rangka mendukung program pemerintah untuk penurunan kemiskinan melalui kegiatan padat karya, penangan daerah stunting serta penanganan daerah rentan rawan pangan.

banner 325x300

Menurut Hasby, tujuan program ini adalah memberdayakan rumah tangga dan masyarakat dalam penyediaan sumber pangan melalui optimalisasi pemanfaatan pekarangan dan lahan sekitar tempat tinggal, meningkatkan kesadaran ,peran dan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan pola konsumsi pangan yang beragam ,bergizi seimbang dan aman (B2SA), Kelompok Wanita Tani pelaksana kegiatan KRPL dikabupaten Banjar tahun anggaran 2018.

“Sebanyak 5 unit yaitu KWT Anugrah Desa Pekauman Dalam Kecamatan Martapura Timur, KWT Bunga Padi Desa Kelampayan Ulu Kecamatan Astambul, KWT Harum Bunga desa Labuan Tabu kecamatan Martapura Kota, KWT Mekarsari Desa Indrasari Kecamatan Martapura Kota, KWT Bina Bersama Desa Biih Kecamatan Karang Intan. Alokasi anggaran kegiatan KRPL masing-masing Rp50 juta, terdiri dari Rp20 juta untuk kegiatan kebun bibit, Rp7 juta untuk pengembangan demplot kelompok , Rp15 juta untuk pengembangan pekarangan anggota, Rp4,5 juta untuk pengembangan kebun sekolah dan Rp5,3 juta untuk pengolahan hasil pekarangan dan pengembangan menu B2SA dari hasil pekarangan,” papar Hasby.

Dikatakan Hasby mantan Kadis TPH Banjar yang kini membidani masalah ketahanan Pangan di Bumi Kindai Limpuar, kegiatan kawasan rumah pangan lestari dalam pelaksanaannya didampingi oleh petugas pendamping desa dan kabupaten, menekankan, kepada semua Kelompok Wanita Tani ( KWT) agar dalam pengelolaan KRPL, sesuai juknis dan pembinaannya yang serius, sehingga lestari serta berkembang menjadi kawasan rumah pangan yang luas.

Sementara itu para pendamping KWT ditempatnya masing-masing satu penyuluh, mereka adalah Mastalina A Md, kelompok wanita tani “Harum Bunga Desa Labuan Tabu, Dwi Mardaningsih SPt, KWT Mekarsari desa Indrasari, Nurul Huda SP, KWT Bunga Padi Desa Kelampaian Ulu, Karimal Arum Shafriani S, MP KWT, Bina Bersama Desa Biih Kecamatan Karang Intan, Eddy Santoso SP Pekauman Dalam. Pembina Desa/KWT Purel DKP Kabupaten Banjar Sudarto SPi.

Ayi Kuswana/inf

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *