5 Ribu Peserta Antusias Ikuti Gerak Jalan BNNP Kalsel-APAN

Menyambut Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2018, Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kalsel bersama organisasi penggiat anti narkoba Aliansi Pemuda Anti Narkoba (APAN) menggelar gerak jalan sehat di Siring Nol Kilometer, yang diikuti 5 ribu lebih peserta yang mayoritas dari kalangan generasi muda, Sabtu (14/07) kemarin.

Kegiatan yang mengusung tema “Mendengar Suara Hati Anak-anak dan Generasi Muda, Merupakan Langkah Awal untuk Membantu Mereka Tumbuh Sehat dan Aman dari Penyalahgunaan Narkoba”.

“Tema ini diambil dengan tujuan untuk mendorong dan memotivasi kesatuan dan gerak langkah seluruh komponen bangsa dalam upaya pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba atau P4GN,” ujar Kepala BNN Kalsel, Nixon Manurung kepada Kalsel Pos disela – sela acara.

Nixon kembali mengingatkan warga banua untuk bersama – sama memerangi narkoba. Kemudian dia juga menyampaikan apa yang diutarakan Presiden Jokowi pada pidato kenegaraan 16 Agustus 2017 lalu yang menyatakan bahwa Indonesia darurat Narkoba.
“Pernyataan tentang situasi kondisi Indonesia darurat narkoba ini sangat mengejutkan hati kita masing-masing, apalagi yang menyampaikan pernyataan adalah seorang presiden,” papar Nixon.

Menurut Nixon, pernyataan presiden tersebut cukup beralasan. Pasalnya, kenyataan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba sudah merebak dan merata terjadi di seluruh wilayah Indonesia.

“Dulu kasus-kasus penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba hanya terjadi di daerah perkotaan saja. Tapi sekarang, kenyataannya sudah merambat ke daerah pedesaan, bahkan sampai daerah terpencil sekalipun ada terjadi penyalahgunaan dan peredaran narkoba,” imbuhnya.

Nixon memaparkan, apabila hal itu dibiarkan tanpa ada tindakan dan kesatuan gerak langkah dari seluruh komponen bangsa ini, lanjut Nixon, akan sangat berbahaya dan dapat merusak generasi penerus bangsa yang kelak akan menjadi generasi penerus pembangunan negara.

“Jadi, tidak semata-mata menjadi tanggungjawab BNN saja. Melainkankan tanggungjawab bersama seluruh komponen bangsa. Oleh sebab itu, seluruh instansi pemerintah pusat maupun daerah harus bertindak melalui tugas pokok dan fungsinya masing-masing serta seluruh lapisan masyarakat juga harus berbuat untuk mengatasi Indonesia darurat narkoba,” katanya.

Nixon juga mengajak seluruh masyarakat agar meningkatkan kebersamaan dalam perjuangan menyelamatkan dan melindungi bangsa Indonesia dari ancaman penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

“ Hanya dengan bertindak, berperan dan berbuat melalui kegiatan P4GN, kita dapat menyelesaikan dan mengatasi keadaan Indonesia darurat narkoba guna mewujudkan masyarakat Kalsel yang sehat dan bersih dari penyalahgunaan narkoba,” tegasnya.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor yang diwakili kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel M Muslim dalam sambutan tertulisnya mengatakan, dari data Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mencatat, 87 juta populasi anak di Indonesia, sebanyak 5,9 juta di antaranya menjadi pecandu narkoba dan 2.218 kasus narkoba menimpa anak-anak.

“Oleh karena itu, mari satukan tekad untuk terus saling bersinergi mencegah dan mengatasi narkoba,” ucap Muslim saat membacakan sambutan Gubernur Sahbirin Noor.

Lomba gerak jalan santai semakin meriah karena panitia menyiapkan berbagai macam hadiah mulai dari alat rumah tangga hingga hadiah door prize tiga unit sepeda motor dan lima sepeda gunung.

rel.yus

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Posts