Ini Lokasi Kuliner “Soto” di Kota Banjarmasin yang Rasanya Enak dan Seger!

  • Whatsapp

Pecinta kuliner, tak afdol tak menjajal Soto Banjar—yang mudah dicari di kota seribu sungai ini, ada ratusan warung, depot, dan restoran yang menjajakan kuliner khas yang tersebar di segala sudut Kota Banjarmasin. Tak sulit mencari warung yang menawarkan menu Soto Banjar di Kota Banjarmasin. Harga jualnya pun bervariasi antara satu warung dengan warung lain, mulai Rp10 ribu hingga Rp15 ribu.

Ramuan umum resep Soto Banjar terdiri dari daging ayam, kaldu ayam, susu kental manis, bawang putih, bawang merah, lada, kapulaga, bubuk pala, garam, cengkeh, dan kayu manis. Daging ayam mula-mula mesti direbus dalam tempo dua jam agar empuk.

Soto Banjar, juga menambahkan  sari kentang yang lebih dulu diblender guna menghadirkan sensasi rasa lebih gurih. Itu sebabnya, Soto Banjar  juga tetap menaburkan suwiran ayam ras, telur ayam, bawang goreng, daun seledri, dan separuh jeruk nipis.  Untuk melengkapi kudapan Soto Banjar, pemilik warung biasanya menambahkan sate ayam. Lumeran bumbu kacang pada sate ayam menambah gurih kuliner Soto Banjar.

Berikut daftar lokasi warung Soto di Banjarmasin

Jika kebetulan sedang berada di Kalimantan Selatan ataupun Banjarmasin cobalah Soto Banjar. Berikut ini rekomendasi kedai Soto Banjar yang enak dan legendaris.

  1. Depot Soto Bang Amat

Jika biasanya soto disajikan dengan mangkuk, di Kedai Bang Amat disajikan dengan piring. Isiannya lontong yang diberi suwiran ayam, telur rebus, perkedel, bihun, kuah lezat, serta tak lupa taburan bawang goreng yang krispi seperti soto banjar pada umumnya.

Di sini pengunjung juga bisa minta tambah lauk lain seperti ceker atau daging ayam dengan kuah kuning. Jangan lupa juga pesan sate agar hidangan soto makin nikmat. Kadang ada beberapa pentas seni di kedai ini. Jadi bisa sekalian untuk relaksasi selama jalan-jalan di Kalimantan Selatan.

Lokasi: Jl. Banua Anyar No.6, Benua Anyar, Kecamatan Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin.

Jam Operasional: 08.00-18.00

  1. Soto Banjar H. Anang

Sebenarnya soto H. Anang tak berda jauh dari soto sebelumnya, tapi kuahnya memang lebih bening. Pengunjung bisa menikati soto dengan ayam dan sate yang dipesan terpisah.

Lokasi: Sungai Baru, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Jam operasional: 06.00-16.00

  1. Soto Bawah Jembatan

Dari namanya pasti sudah bisa menebak di mana letak kedai soto ini, benar letaknya memang tidak jauh dari jembatan. Kedai soto ini tidak terlalu besar dan terletak di aliran Sungai Martapura.

Yang membuat soto bawah jembatan ini banyak diserbu pengunjung karena kuahnya yang terkenal gurih dengan taburan relur bebek.

Lokasi: Jalan Banua Anyar, Benua Anyar, Kec. Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin.

Jam operasional: 07.30-21.00

  1. Warung Pondok Bahari

Cukup berbeda dari warung sebelumnya, soto di sini disajikan dengan mangkuk. Isian soto tetap sama dan rasanya bisa dibilang lumayan lezat.

Biasanya disajikan dengan emping dan taburan daun bawang yang lumayan banyak. Selain soto, pengunjung juga bisa memesan aneka seafood.

Lokasi: Jalan Simpang Kapten Piere Tendean No. 108, Gadang, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, kelurahan 70231, Indonesia.

Jam operasional: 24 jam.

  1. Soto Banjar Pal 1

Banyak warga yang mengaku bahwa Soto ini adalah soto paling otentik di Kalimantan Selatan. Kuahnya sangat sempurna dengan taburan bawang goreng yang tidak pelit. Lokasinya di daerah kedungdoro, sebelahan dengan minimarket.

Lokasi: Sungai Baru, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Jam Operasional: 08.00-18.00.

  1. Warung Soto Dan Sate Pahlawan

Berasa di Jalan Pahlawan inilah warung soto banjar yang bisa dicoba oleh para wisatawan. Rasanya lezat dan daging ayamnya gurih karena bumbu meresap hingga ke daging.

Sate ayam dengan bumbu kacang sangat cocok disajikan dengan soto ini. Jangan sampai lupa pesan agar rasa otentik soto ini terjaga.

Lokasi: Jalan Pahlawan, Seberang Mesjid, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

  1. Soto Rina Kuin Pertamina

Soto banjar dengan rasa otentik terakhir adalah Soto Rina Kuin Pertamina. Soto ini berada di sekitar Kuin Cerucuk.

Sajian soto di sini hapir sama dengan kedai soto sebelumnya yaitu disajikan dengan perkedel, telur, dan sate ayam.

Lokasi: Jalan Kuin cerucuk No.32, Kuin Cerucuk, Banjarmasin Bar., Kota Banjarmasin.

Jam Operasional: 08.00-15.00

  1. Soto Surabaya Cak Harry

Kalian udah pernah nyobain Soto Cak Hari? Ini salah satu soto Surabaya favorit aku. Lokasinya di Jalan Gatot Banjarmasin. Disini soto Surabayanya enak dan pelayanannya cepat. Enaknya lagi, dimejanya disediakan koya jadi kita bisa nambah koya sepuasnya. Ada makanan lain kaya sate telur puyuh, perkedel, kerupuk dan lain-lain. Begitu sampai kita langsung pesan aja sama masnya di depan. Mau sotonya dipisah atau gabung nasi tinggal bilang. Mau extra ayam juga bisa.

Pelayanannya cepat, sotonya enak dan harganya murah. Aku lupa makan disana habis berapa cuman yang pasti gak bikin kantong jebol.Soto ayam Cak Harry cukup Rp15 ribu/porsi.

  1. Soto Daging

Di Kota Banjarmasin juga ada penjual soto daging, rumah makan itu yakni Soto Babat Asli Madura yang berada di Jalan Kolonel Sugino samping hotel Prima Banjarmasin.

Soto Madura Jalan Kolonel Sugiono mempunyai warna kuah yang agak kuning kecokelatan, tidak bening seperti soto pada umumnya. Hal ini karena sotonya menggunakan jeroan sapi seperti babat dan warna kuahnya menjadi gelap karena sari daging sapinya.

Kuahnya harum sekali, sangat terasa bumbu rempah-rempahnya. Dagingnya juga empuk sekali. Kuah dan jeroan yang menjadi isian dari soto ini menjadi ke khasan rumah makan ini dibanding rumah makan lainnya. Kuah sotonya yang pekat dan bumbunya yang kuat terasa, membuat Soto Madura ini begitu lezat.

Untuk satu porsinya Bahrudin mengaku standart saja yakni Rp 22 ribu plus nasi dan minumnya. Selain di Kolonel Sugiono, ujar dia, Soto Babat Asli Madura juga buka di cabang di Km 4,5 Banjarmasin. Sementara jam operasionalnya buka dari pukul 9 pagi hingga 10 malam setiap hari. “Kita tidak ada libur kecuali ada acara atau hari raya baru libur,” tambah dia.

  1. Soto Madura ‘Gubeng Pallima’

Pecinta kuliner Soto, juga akan memiliki beragam pilihan. Karena sebentar lagi akan dibuka warung soto khas Madura, yakni Soto Madura ‘Gubeng’ Pallima.

Menurut Lutfi Ar Ghobie dan Catur Santoso yang berlatar pendidikan tehnik sipil ini,  mencoba peruntungan bidang kuliner, dengan membuka warung soto daging ala Madura, bahkan juru masaknya didatangkan khusus dari Madura.

“Insya Allah kami buka tanggal 26 Agustus. Soto Madura Pallima akan ditawarkan mulai Rp22 ribu hingga Rp28 ribu (soto daging sapi) kami pakai daging sapi asli Madura,” katanya berpromosi.

idayusnita

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *