KRPL Solusi Tekan Inflasi

Akhir-akhir ini hampir disetiap kota besar terjadi inflasi atau daya beli masyarakat krang barang penumpuk karena harga pasar terus beranjak naik.Terinspirasi oleh langkah Bank Indonesia menerapkan KRPL salah satu alternatif untuk meminimalisir inflasi, kepala Dinas Ketahanan Pangan kabupaten Banjar Ir H Eddy Hasby MP memotifasi, warga desa agar terus mengembangkan kreativitas Rumah Pangan Lestari (KRPL) sehingga segala kebutuhan rumah tangga sehari-hari tidak selalu mengandalkan harga pasar. Ketahanan Pangan diperdesaan yang dikelola kaum hawa dalam wadah yang disebut Kelompok Wanita Tani (KWT), kini dijadikan ladang ekonomi rumah tangga yang paling tidak mengurangi uang belanja pasar yang cukup meyakinkan.

Berbicara ketika pencanangan 5 KRPL binaan dikabupaten Banjar secara simbolis yang dipusatkan di KRPL Kelompok Wanita Tani (KWT) Harum Bunga desa Labuan Tabu kecamatan Martapura kabupaten Banjar, Rabu (8/8/2018), yang berkaitan pula dengan hari jadi kabupaten Banjar ke 68 tahun 2018.

Mengingat laju inflasi yang salah satunya dipicu oleh sayur mayur (statement Bank Indonesia), kata Eddy, pembibitan sayur mayur dan bioparmaka (rempah obat obatan herbal) disebar ke masyarakat.

Sementara hasil sayuran bisa dijual segera dikios tani setempat atau diolah menjadi makanan jadi alias Petik olah jual (POJ). Bupati Banjar dalam pencanangan yang diwakili staf ahli bupati Banjar Masrory menekankan, KRPL bukan hanya milik 5 Kelompok yang mendapat suntikan dana 250 juta dari APBN, tetapi harus berkesinambungan sehingga menghidupkan perekonomian masyarakat desa jenis pangan higienis, pangan aman konsumsi dan bergizi.

Pengguntingan pita pencananangan yang lebih awal dilakukan oleh ketua PKK kabupaten Banjar, Hj Raudatul Wardiah didampingi Ketua Pokja lll PKK kabupaten Banjar Ir Elly Listiani MP diharapkan, jadi sumber ekonomi masyarakat diperdesaan dengan memanfaatkan halaman rumah. Desa Labuan Tabu yang dikenal pula sebagai sentra penghasil bunga Melati lokasi KRPL Harum Bunga dengan memanfaatkan lahan milik desa, akan dilengkapi kolam ikan dan kandang ternak.

Ayi Kuswana.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Posts