Media Terverifikasi Dewan Pers
RedaksiPrivacy Policy
banner 728x250 banner 728x250
Uncategorized  

Mantan Kasat Shabara Polres Banjar Dilantik Jadi Waka Polri

banner 120x600
banner 468x60
Jabatan Wakapolri yang sempat kosong setelah ditinggal Komjen Syafruddin kini telah ditentukan penggantinya. Kabareskrim Komjen Ari Dono Sukmanto dipilih menjadi orang nomor dua di Kepolisian Republik Indonesia. Ari menjadi orang ketiga yang mendampingi Kapolri Tito Karnavian, setelah Budi Gunawan dan Syafruddin.
Ari Dono merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1985. Pada awal kariernya perwira polisi yang lahir di Bogor pada 1961, sempat bertugas sebagai Kasat Sabhara Polres Banjar, Kalimantan Selatan. Dia terus bertugas di Kalimantan hingga 1999.
Setelah tidak lagi bertugas di Kalimantan, Ari bertugas di beberapa provinsi lain. Mulai Sumatera Utara, Jawa Barat, Banten, dan Bali. Pada 2009, Ari ditarik ke Mabes Polri. Dia ditugaskan menjadi penyidik di Direktorat Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri.
Dari Bareskrim Polri, pada 2011, Ari pernah diminta menjadi Wakapolda Sulawesi Tengah. Bertugas di Sulawesi Tengah selama beberapa bulan, Ari kembali ditarik ke Mabes Polri untuk menjabat sebagai Direktur Reserse Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri. Jabatan tersebut dipegang Ari sejak 2011 hingga 2013.
Pada Maret 2013, Ari dipercaya menjadi Kapolda Sulawesi Tengah. Dia berkantor di Palu hingga Oktober 2014. Setelah tidak lagi menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Tengah, Ari terus bertugas di Mabes Polri.
Selama bertugas di Mabes Polri, Ari sempat menjadi staf ahli Kapolri Jenderal Sutarman dan Kapolri Jenderal Badrodin Haiti. Pada Februari 2016, Ari menjadi Wakil Kepala Bareskrim. Saat Kabareskrim Komjen Anang Iskandar pensiun, Ari naik menggantikannya.
Sejak bertugas menjadi Kabareskrim pada Mei 2016, ada beberapa kasus besar yang ditangani Ari. Namun, kasus yang paling diingat publik adalah penistaan agama oleh mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Kasus itu ditangani Ari hingga akhirnya menuju ke meja hijau.
Pada siang ini, Jumat (17/8), Ari akan dilantik menjadi Wakapolri. Sedangkan jabatan yang dia tinggalkan dijabat Asisten SDM Kapolri Irjen Arief Sulistyanto.
Ari akan menjadi Wakapolri ketiga yang mendampingi Tito Karnavian. Pada awal menjabat pada 2016, Tito didampingi Komjen Budi Gunawan, Komjen Syafruddin, dan kini Komjen Ari Dono.
rel/hms
banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *