KKN Ilmu Komunikasi FISIP ULM Dirikan Taman Baca dan Launching Produk Olahan Ikan Lokal Desa Jejangkit Batola

  • Whatsapp

Mahasiswa-mahasiswa Kelompok 1 KKN Ilmu Komunikasi FISIP ULM 2018 dalam kegiatan program kerja Kuliah Kerja Nyata(KKN). Melakukan terobosan yang patut diapresiasi, yakni membuka Taman Baca Ceria di Desa Jejangkit Muara, Kec. Jejangkit, Kabupaten Barito Kuala.

Taman baca yang berlokasi di tempat yang dulunya merupakan balai desa Jejangkit Muara, yang sebelum direnovasi oleh mahasiswa KKN dialihfungsikan sebagai gudang perlengkapan desa ini adalah taman baca buku satu-satunya yang berada di Desa Jejangkit Muara.

“Kegiatan KKN mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP ULM merupakan program kerja Kuliah Kerja Nyata dari mahasiswa-mahasiswa kelompok 1 KKN Ilmu Komunikasi Fisip Ulm 2018. Dipilihnya taman bacaan sangat tepat karena ikut membantu menumbuhghkan minat baca di masyarakat. Dimana kesadaran bahwa membaca adalah kegiatan yang sangat bermanfaat dalam menambah wawasan terhadap berbagai hal,” kata Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP ULM, Sri Astuty, Selasa (21/8).

Kata Astuty, di Taman Baca Ceria ini masyarakat, Jejangkit Muara khususnya, dapat menemukan berbagai macam jenis bacaan buku untuk menambah pengetahuan anak-anak. Buku-buku yang tersedia mulai dari komik anak, cerita rakyat, cerita berbasis keagamaan, ilmu pengetahuan umum, novel umum, novel keagamaan, hingga buku berisi tips budidaya dengan berbagai macam jenis produk yang dihasilkan.

Pengunjung taman baca juga tidak akan merasa bosan saat berkunjung karena taman baca ini juga dihiasi gambaran pada dinding-dindingnya yang merupakan hasil kreasi dari mahasiswa KKN kelompok 1 Ilmu Komunikasi Fisip ULM.

Kepala Desa Jejangkit Muara menyatakan kebanggaannya pada mahasiswa KKN yang telah berpartisipasi untuk membantu Desa Jejangkit Muara, khususnya untuk anak-anak didik.

 

Pada momen yang sama, diadakan pula peluncuran produk olahan lokal khas Desa Jejangkit Muara yaitu Jera Food yang terdiri dari dua varian produk sebagai produksi ekonomi kreatif inovasi dari mahasiswa-mahasiswa KKN.

Produk Sebal (Sepat Balado) terbuat dari ikan Sepat kering dan Jeran (Jejangkit Rabuk Haruan), produk olahan ini diharapkan dapat menjadi ikon makanan khas asli jejangkit, sehingga juga sebagai bentuk peningkatan komunikasi partisipatif membangun dan meningkatkan pemberdayaan masyarakat di kecamatan jejangkit.

Pada kegiatan tersebut dihadiri Kepala Desa Jejangkit Muara, Gunawan, ketua program studi Ilmu Komunikasi FISIP ULM, Sri Astuty, beserta perangkat desa Jejangkit Muara dan warga sekitar. Rangkaian acaranya terdiri dari sambutan, doa, penyerahan kepengurusan Taman Baca Ceria secara simbolis, penyerahan produk olahan kepada promotor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *