Bawaslu Kalsel Ikut Pelatihan Penelitian Kerawanan Pemilu

oleh -4 views

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalsel menggelar rapat kerja evaluasi Pilkada 2018 dan persiapan pengawasan tahapan kampanye Pemilu 2019. Rapat ini dihadiri seluruh Bawaslu di tingkat kabupaten dan kota, serta kecamatan. Hal tersebut dikatakan Ketua Bawaslu Kalsel Iwan Setiawan, Rabu (3/10/2018), tahapan kampanye sudah dimulai pada 23 September 2018 lalu.

“Untuk itu, kami memberikan materi yang berkaitan dengan tahapan kampanye kepada Bawaslu di tingkat kabupaten dan kota, serta kecamatan,” katanya.

Materi yang diberikan, seperti metode kampanye, larangan kampanye, dan bahan kampanye yang disampaikan calon anggota legislatif, pasangan calon presiden dan wakil presiden, serta parpol peserta Pemilu.

Iwan mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk melakukan pemetaan dan deteksi dini terhadap potensi kerawanan dalam menghadapi Pemilu 2019. Pemetaan potensi merupakan salah satu tugas Bawaslu yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Hal itu sebagai fokus pengawasan dan upaya pencegahan terhadap berbagai kerawanan yang dapat menghambat atau mengganggu proses Pemilu 2019 berlangsung inklusif dan adil.

Dijelaskannya, pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan Bawaslu kabupaten dan kota dalam melakukan penelitian berdasarkan data, fakta dan instrumen yang telah dipaparkan oleh para pakar peneliti dan pengamat kepemiluan.

“Kami berharap pemilu berlangsung lebih baik, bersih, berkualitas, aman, kondusif dan damai,” ujarnya.

 

Ida/inf

 

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.