Bank Kalsel Unit Birayang Gelar Pasar Mikro Berdayakan Pelaku UMKM

oleh -2 views

Menyambut Hari Jadi Kabupaten Hulu Sungai Tengah ke-59, Bank Kalsel Unit Birayang menggelar Program Pasar Mikro yang berkerjasama dengan Kantor Kecamatan Batang Alai Selatan pada hari Kamis tanggal 13 Desember 2018, yang diikuti lebih dari 40 orang pelaku UMKM di sekitar Kelurahan Birayang.

Meningkatkan pemasaran produk perbankan kepada masyarakat khususnya UMKM yang ada disuatu wilayah selain dengan media promosi juga melalui program pengenalan langsung, seperti program Pasar Mikro yang dilaksanakan oleh Bank Kalsel Unit Birayang.  Hal ini dinilai dapat langsung memberikan informasi tentang Bank Kalsel kepada masyarakat, sehingga masyarakat dapat mengetahui dan memanfaatkan aktivitas bank sesuai keperluannya.

Diungkapkan Plt. Kepala Cabang Barabai Abdillah dalam sambutannya, bahwa acara ini merupakan sosialisasi Produk Bank Kalsel dimana diharapkan timbal baliknya masyarakat sekitar khususnya ber-bank di bank milik Pemerintah Daerah sendiri yakni Bank Kalsel, sehingga dengan demikian keuntungan bank akan kembali kemasyarakat melalui pembangunan yang salah satu dananya berasal dari bagi hasil/deviden saham Pemkab. Hulu Sungai Tengah.

“Kegiatan pasar mikro ini khusus memang ditujukan kepada UMKM untuk mendorong mereka lebih maju dan bisa mengembangkan usahanya, namun tidak menutup juga informasi layanan keuangan kepada masyarakat umum” pungkasnya lebih jauh.

Program Pasar Mikro yang bertempat di Aula Kantor Kecamatan Batang Alai Selatan Birayang, dibuka oleh Bapak Plt. Camat Eddy Rahmawan, SSTP., MM. didampingi ibu Tim Penggerak PKK Kecamatan Batang Alai Selatan, dimana dalam sambutannya sangat mengapresiasi kerjasama pelaksanaan ini dalam membantu meningkatkan pengetahuan pelaku UMKM terutama UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga) di Kelurahan Birayang yang menjadi binaan Lurah Birayang.

“Semoga UP2K ini bisa menjadi role model bagi desa-desa di wilayah Kecamatan Batang Alai Selatan, dan diikuti pembentukannya dengan memanfaatkan Dana Desa kedepannya dapat meningkatkan perekonomian desa” tambah Eddy Rahmawan.

Dalam kegiatan ini, selain Sosialisasi Produk Bank Kalsel yang di berikan oleh Bapak Rizali Rahman dari Kantor Cabang Barabai, juga melakukan Pelatihan Pengemasan dan Pemasaran Produk UMKM yang diberikan oleh Bapak Rizali Anshar, SST., MM, LM. NLP. Yang merupakan seorang Entrepreneur yang sudah berpengalaman dan juga Ketua Asosiasi UKM Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Selain layanan penyimpanan dana dan penyaluran kredit yang disampaikan Rizali Rahman, BPD Unit Birayang juga memberikan layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor roda dua melalui Samsat Payment Point, penerimaan setoran pajak, setoran PBB, penerimaan setoran iuran sekolah/kuliah, pembayaran tagihan PDAM (seluruh kabupaten/kota), pembayaran tagihan listrik (PLN), pembayaran tagihan Telkom, pembayaran tagihan kartu Pasca Bayar (Halo Telkomsel dan XL Postpaid), pembayaran tagihan TV Kabel (TransVision dan Indovision/Yes TV/Oke TV), Pembelian Voucher (XL, Telkomsel dan Three), dan layanan pembayaran tagihan kartu kredit bank lain

Narasumber Rizali Anshar memberikan materi terkait berupa motivasi dalam berusaha, memanfaatkan strategi pemasaran produk 4.0 yang dijabarkan terdiri dari copy writing, interaksi, aktivasi beberapa media, foto aktivitas usaha, testimony, desain, google business, google maps, promosi offline, dan kemitraan.

Salah satu peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah Ibu Amperawati mengungkapkan terima kasih kepada Bank Kalsel terutama Unit Birayang yang memberikan pengetahuan baik produk bank maupun bagaimana pelaku usaha mikro dapat berkembang lebih baik dimasa yang akan datang dengan mengikuti pelatihan pengemasan dan pemasaran produk UMKM.

Harapannya kegiatan ini dapat memacu pelaku UMKM untuk berkembang dan besar bersama Bank Kalsel, dan masyarakat umum juga dapat terlayani dengan layanan Bank Kalsel.

 

rel

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.