SMSI

Launching Layanan Samsat Drive Thru Mudahkan Pembayar Pajak Kendaraan

Launching  Layanan Samsat Drive Thru Mudahkan Pembayar Pajak Kendaraan

BANJARMASIN – Samsat Drive Thru ini merupakan inovasi pelayanan publik kerjasama Direktorat Lalu Lintas Polda Kalsel, PT Jasa Raharja Cabang Kalsel dan Bakueda Provinsi Kalsel.

Hal tersebut dikatakan Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakueda) Provinsi Kalsel Aminuddin Latif dalam acara Launching  Layanan Samsat Drive Thru, Selasa (19/2/2019). Untuk mendapat pelayanan pembayaran pajak kendaraan dan lainnya. Cukup meluangkan waktu 10 hingga 15 menit, bisa bayar pajak seperti memesan makanan cepat saji. Wajib pajak tak perlu turun dari kendaraannya

“Layanan tanpa turun (drive thru) diterapkan Samsat Banjarmasin 2 di Jalan Brigjen Hasan Basry, Kayutangi untuk memudahkan wajib pajar untuk membayar pajak kendaraan bermotor dan pelayanan lainnya,” terang Latif.

Latif menjelaskan, untuk mendapat pelayanan di Samsat Drive Thru wajib pajak harus membawa KTP, STNK dan BPKB asli, sehingga mudah dilayani petugas. Ia berharap perbaikan pelayanan di Samsat Banjarmasin 2 ini makin mempercepat waktu bagi pembayar pajak kendaraan bermotor (PKB), sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan (SWDKLLJ) dan pengesahan STNK di luar loket pelayanan resmi di Samsat.

Fasilitas ini, diharapkan ada peningkatan pendapatan pajak daerah, sehingga wajib pajak tak perlu antre berlama-lama di depan loket pelayanan di Samsat Banjarmasin 2. Dengan mempersingkat waktu pembayaran pajak tahunan dan pengesahan STNK. Ini mengingat, tuntutan pelayanan yang membutuhkan waktu segera dan tepat,” ungkap Latif.

Dengan begitu lanjut Latif, para pemilik kendaraan roda dua maupun empat bisa langsung berurusan dengan petugas, bukan kepada calon atau pemberi jasa pengurusan. Jadi, ada kepastian bagi wajib bayar untuk memenuhi kewajibannya dari segi waktu, biaya, persyaratan serta prosedur pelayanan. Adanya Samsat Drive Thru juga mengurai antrean panjang dan validitas pemilik kendaraan bermotor.

“Pola ini akan diterapkan di Kalsel, sesuai kebutuhan masyarakat, tentunya Samsat Drive Thru didirikan berdasar lokasi yang memadai untuk pelayanan pemilik kendaraan bermotor baik roda empat maupun roda dua,” katanya.

Dalam acarat tersebut diserahkan 17 unit sepeda motor kepada 14 UPPD Samsat se-Kalsel untuk keperluan pelayanan jemput antar. Mekanisme pelayanan diawali dengan permintaan wajib pajak yang mengontak nomor telepon resmi, baru petugas akan mendatangi lokasi. Wajib pajak saat didatangi petugas sudah memenuhi dokumen persyaratan. Selanjutnya, akan diproses sesuai prosedur berlaku. Jika sudah membayar lunas, surat menyurat akan diantar ke wajib pajak.

Ida/inf

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan