Lestarikan Sungai Lewat Festival Sungai

0
16 views

BANJARMASIN .- Walikota Banjarmasin Ibnu Sina bersama istri menghadiri Festival Sungai dan lomba membuat kue Lempeng– kue khas Banjarmasin.

Dalam kehadirannya Ibnu beserta istri juga ikut turut membuat lempeng dengan menggunakan kompor induksi yaitu kompor yang dibekali dengan alat listrik Sabtu (27/4/2019).

Dalam pembukaan Festival Sungai tersebut, Ibnu menyampaikan tentang indahnya kearifan lokal masyarakat Banjarmasin dengan adanya Festival Sungai.

Kegiatan festival diisi dengan susur sungai, atraksi dari para ibu-ibu yang menjual dagangannya menggunakan jukung dengan cara mengayuh yang berbeda-beda seperti beriringan, zig zag, dan berputar.

Dalam kata sambutannya, Ibnu berharap Festival Sungai ini menjadi momentum kebangkitan budaya sungai masyarakat yang dijadikan objek wisata.

“Saya sangat senang melihat antusias warga Banjarmasin yang bersedia berpanas-panasan terik matahari. Dan sangat bersemangat ikut lomba membuat lempeng menggunakan kompor induksi,’ ucapnya.

Ibnu berpesan kepada ibu-ibu yang mengikuti lomba masak membuat lempeng untuk tidak membuang sisa-sisa makanan atau pun bungkus segala macam ke sungai.

“Lewat festival ini diharapkan tumbuh kesadaran untuk menjaga kebersihan dan menjaga sungai,” katanya.

Disela acara Ibnu menyampaikan kepada awak media bahwa Festival Sungai di Kota Banjarmasin dalam rangka promosi wisata, Festival Jukung Indonesia dan Ayo datang ke Banjarmasin.

“Budaya kehidupan sungai sebagai urat nadi wisata kota Banjarmasin bisa dinikmati siapa pun. Baik dari manca negara mau pun turis-turis lokal,” katanya.

Ibnu berkata, masyarakat semakin peduli dengan kebersihan sungai yang ada di Banjarmasin.

febri/IB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.