Bank Kalsel Kerjasama Pemkab HSU Launching Pembayaran Retribusi Melalui Android

0
20 views

Amuntai – Banyak menfaat melakukan transakai non tunai seperti, lebih praktis, akses masyarakat lebih luas dalam pembayaran, transparansi transaksi, efisiensi rupiah, meningkatkan sirkulasi uang dalam perekonomian dan perencanaan ekonomi yang lebih akurat, Pembayaran retribusi pasar secara TNT dilakukan melalui mobile bangking Bank Kalsel sehingga bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja melalui handpone android.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bank Kalsel Cabang Amuntai Fachriza Nor Asli, Selasa (6/8/2019) pada peluncuran (launching) TNT retribusi di depan Pasar Induk Kota Amuntai. Pemerintah bersama Bank Indonesia begitu giat mendukung program implementasi TNT, baik transaksi di lingkup pemerintahan maupun di tengah masyarakat.

“Semua pembayaran sewa toko di pasar induk Amumtai dilakukan secara non tunai. baik itu manual dengan langsung di loket Bank Kalsel yg ada dilokasi pasar Amuntai, pemotongan secara otomatis di rekening pedagang (auto debit) atau lewat mobile banking di hp android, jelasnya.

Penerapan TNT retribusi lanjutnya, bagi pedagang untuk tahap awal masih menyasar pedagang di pasar induk kota, sedang untuk pasar di kecamatan akan dilaksanakan bertahap.

Bupati HSU H. Abdul Wahid hadir saat meresmikan launching TNT retribusi mengatakan, TNT retribusi di Pasar Induk Amuntai merupakan program pemerintah guna untuk menghindari dari pungli dan memudahkan para pedagang.

“Semoga pedagang bisa melakukan pembayaran retribusi di Pasar Induk Amuntai dengan perubahan ini agar lebih transparan dan mempermudah bagi semua pedagang,” ujar Wahid.

Sementara Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Hj Galuh Bungsu Sumarni di Amuntai memaparkan, ada 3 jenis retribusi yang bisa dilakukan pembayaran secara nontunai oleh pedagang yakni retribusi pertokoan, retribusi pelayanan pasar, retribusi pelayanan kebersihan dan persampahan. Retribusi yang dibayarkan bisa langsung masuk kas daerah tanpa melewati petugas pemungut lagi.

“Pemberlakuan transaksi nontunai (TNT) untuk pembayaran retribusi bekerja sama dengan Bank Kalsel untuk proses  pembayaran yang lebih transparans, akuntabel, efektif dan efesien. Pedagang di Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan sudah bisa melakukan pembayaran retribusi secara nontunai lewat handpone android,” katanya.

Yus/IB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.