PT Karya Makmur Abadi Diminta Realisasikan Lahan Kemitraan Bersama Warga

0
154 views

M.Abadi diruang kerjanya di DPRD Kotim. (nal/brt).

 

Sampit – Anggota DPRD Kotim dari PKB M Abadi mengingatkan PT.Karya Makmur Abadi (KMA) menyelesaikan lahan kemitraan dengan warga, dimana lahan yang dijanjikan seluas 1.000 hektar dari luasan Hak Guna Usaha (HGU).

Mantan Kepala Desa Pahirangan Kkecamatan Mentaya Hulu mengatakan, sesuai dengan hasil kesepakatan yang tertuang dalam surat keputusan mentri Agraria dan tata ruang kepala badan pertanahan nasional No.73/HGU/KEM-ATR/BPN tanggal,28 Oktober 2016, tentang pemberian hak guna usaha atas nama PT.KMA.

Sesuai dengan pernyataan PT.KMA dalam surat keputusan hak guna usaha pada huruf i. bahwa lahan Koperasi Garuda Maju bersama Desa Tangkarobah dan desa Pahirangan masih berstatus HPK yang masih dalam proses pelepasan kawasan. Sedangkan pada huruf j. bahwa berdasarkan surat pernyataan yang dibuat oleh PT.KMA, pada dasarnya PT.KMA sanggup menyelelesaikan pembangunan kebun plasma bagi koperasi garuda maju bersama.

“Salah satu syarat penerima hak guna usaha, PT.KMA wajib untuk melaksanakan dan apabila itu tidak dilaksanakan PT.KMA sudah melanggar aturan.” tegas Abadi disela kesibukannya menjadi anggota DPRD Kotim.

Sedangkan apabila lokasi pencadangan sebagai kebun sawit untuk plasma bagi masyarakat anggota koperasi garuda maju bersama tidak diberikan izin pelepasan, maka PT.KMA wajib memberikan sebagian hak guna usahanya seluas 1.000 hektar dilokasi dalam kebun.

“Mengingat waktu 18 bulan terhitung sejak dikeluarkannya keputusan hak guna usaha PT.KMA, saya berharap kepada PT.KMA untuk segera merealisasikan sesuai dengan hasil kesepakatan.” tegasnya.

Nal/IB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.