Waduh! Travellindo Milik Ketua Apindo Kalsel tak Miliki Izin?

0
25 views

BANJARMASIN – Masyarakat harus jeli dan teliti, ketika ingin mencari travel untuk naik haji dan umrah. Agar tak tertipu oleh travel abal-abal. Atau travel yang belum memiliki izin resmi yang dikeluarkan instansi resmi di daerah tempat travel tersebut buka usaha.

Seperti halnya, biro jasa Travellindo–yang dimiliki Ketua Apindo Kalsel Supriadi, dinilai tak memiliki izin cabang di wilayah Kalimantan Selatan sejak terbitnya aturan baru di tahun 2018. Izin yang dikantongi Travellindo sendiri diterbitkan pihak kementerian di tingkat pusat dan dimana wilayah operasionalnya biro jasa perjalanan umroh dan haji wajib mengantongi izin atau rekomendasi dari Kanwil Kemenag setempat.

Hal tersebut diakui Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kalsel Noor Fahmi, Jumat (2/8/2019) ramainya protes calon jemaah haji khusus yang akan diberangkatkan melalui agen perjalanan haji dan umroh Travellindo ternyata bukan tanpa sepengetahuan pihak kantor wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Kalsel yang turut mendampingi pihak Kemenag RI dalam penanganannya.

“Dalam kurun waktu setahun, Travellindo sempat mengajukan pemindahan kantor pusat ke Banjarmasin. Tetapi hanya meminta rekomendasi. Tapi belum melengkapi persyaratan yang diajukan Kanwil Kemenag Kalsel,” jelasnya.

Dikatakannya, Kemenag Kalsel memang ingin selektif dalam memberikan rekomendasi bagi travel-travel haji dan umrah. Pasalnya tak sedikit CJH yang menggunakan travel tanpa izin usaha. Ada prosedur, tidak sembarangan. Syarat tadi dikaji, lalu diidentifikasi ke lapangan apakah layak atau tidak, baru diserahkan ke Kanwil untuk disetujui.

“Sejak terbitnya aturan baru di tahun 2018, agen perjalanan haji dan umroh yang lengkap mengantongi izin rekomendasi berjumlah 49 sehingga mendapat pengawasan dari Kanwil Kemenag Kalsel.,” ungkap Fahmi.

lah/IB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.