SMSI

Bupati Tapin Ajak Masyarakat Aktif dan Sigap Bantu Padamkan Api, Jangan jadi Menonton.

Bupati Tapin Ajak Masyarakat Aktif dan Sigap Bantu Padamkan Api, Jangan jadi Menonton.

RANTAU,- Bupati Tapin HM.Arifin Arpan,MM mengajak seluruh elemen masyarakat Tapin ikut berpartisipasi dalam menjaga lingkungannya dari api yang menyebabkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di musim kemarau ini.

“Petugas Pemadam Kebakaran Damkar di Tapin ini ada 30 unit dan nampak sudah kewalahan menghadapi musibah kebakaran.Untuk itu diharapkan kita semua turut ada berpartisipasi dalam menghadapi Karhutla ini,”katanya kepada sejumlah wartawan.Rabu (18/9) di Rantau.

Sebab, sambung Bupati, kebersamaan itu sangat penting.Sebagaimana saat ini kita bersama-sama bermunajat kepada Allah.Swt dengan meminta hujan dan berharap kabut asap dan kebakaran hutan di daerah kita tidak ada lagi.

“Bupati yakin di musim kemarau seperti sekarang ini, masyarakat Tapin meminta hujan. Mereka kuatir disamping kebakaran menimpa alam juga lingkungan mereka ikut terbakar.Karena itulah mereka ikut berdoa bersama kita disamping untuk dirinya juga keluarganya,”katanya.

Disini setiap terjadi kebakaran di daerah kita hendaknya masyarakat jangan cuma menonton.Hendaknya ikutlah berpartisipasi bersama petugas ikut membantu memadamkan. “Merubah mindset masyarakat sulit, dimanapun terjadi kebakaran pasti banyak yang menonton.Untuk itu cobalah jangan sekedar menonton saja, bila perlu turun juga membantu petugas kebakaran memadamkan api.Sebab dengan cepatnya api menjalar sementara dengan petugas damkarnya terbatas tidak mudah itu terkendali.Jadi harus bersama kita termasuk wartawan nya ikut memadamkan api,”katanya.

Ditambahkan pejabat Instansi vertikal Kapolres Tapin AKBP.Bagus Suseno,SIK terkait program pencanangan desa Karhutla yang dipusatkan di Desa Masta Kecamatan Bakarangan nanti.

Menurut Kapolres Tapin, “Program desa siaga Karhutla ini Insya Allah bakal dilanjutkan. Dalam program ini kita tekankan merubah kebiasaan replikasi hidup masyarakat yang terbiasa membakar lahan tanaman padi yang sudah kering. Nah dalam program desa Karhutla inilah kita berikan contoh membuka tanaman mereka tanpa harus dengan cara dibakar,”katanya kepada sejumlah wartawan.

Reporter Nasrullah

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan