Aktifkan Budaya Gotong Royong, Desa Pugaan Terima Bantuan Rp150 Juta dari Kemensos

240 0

TANJUNG – Desa Pugaan, Kecamatan Pugaan, Kabupaten Tabalong, mendapat bantuan Program Keserasian Sosial dari Kementerian Sosial RI sebesar Rp 150 juta.

Plt. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tabalong, H Yuhani, mengatakan, dana Rp 150 juta sifatnya stimulan bagaimana agar muncul kebersamaan dan kegotongroyongan baru yang sudah menghilang.

“Jadi Program Keserasian Sosial itu, ingin mengangkat kembali nilai-nilai budaya kita yang dulu gotong royong, kebersamaan dan saling membantu. Itu yang kita angkat kembali melalui Program Keserasian Sosial,” katanya.

Dani tersebut, kata Yuhani, sifatnya hanya sebagai stimulan saja. Yang diutamakan bagaimana agar masyarakat lebih bersatu lagi sehingga tidak terjadi perpecahan.

“Jadi kegotongroyongannya yang diutamakan. Namanya saja kan keserasian sosial, menghindari terjadinya konflik antar desa. Karena disebelah sana beda kecamatan. Nah oleh karena itu kita sambung jalanya. Sehingga mereka lebih nyaman dan bersatu. Itu lah nilai-nilai keserasian Sosial yang kita angkat,”ucapnya.

Dia juga membeberkan, apabila dana tersebut tidak cukup untuk membangun jalan tersebut maka akan ditambah menggunakan dana desa.

“Tapi di desa tadi sudah sanggup untuk menambahkan itu. Sudah menganggarkan katanya tadi,” katanya.

Alasan kenapa jalan yang diusulkan, kata Yuhani, karena jalan disini sering terjadi banjir. Sehingga jalan antar masyarakat disebelah itu terpisah.

“Itu lah alasan kita. Untuk menyatukan masyarakat yang terpisah tadi,” tuturnya.

Sementara Kepala Desa Pugaan, Fathul Musalli, mengatakan, dana Rp 150 juta tersebut dan bagi menjadi dua. Yang pertama, Rp 100 juta untuk fisik dan Rp 50 juta non fisik.

“Rp 100 juta ini kita gunakan untuk penimbunan tanah dan batu. Sedangkan untuk siring kiri dan kanan kita gunakan dana desa. Yang non fisik Rp 50 juta tadi kita gunakan untuk operasional seperti, pelaporan, rapat, atk dan lain-lain,” katanya.

Alasan kenapa Desa Pugaan ingin jalan, kata Fathul, karena disaat turunya hujan jalan menuju Desa Halangan, Kecamatan Pugaan, tidak bisa dilewati karena jalan tersebut menjadi lintasan air.

“Kalo hujan kita tidak bisa lewat. Terpaksa kita harus memutar kalau kita ingin ke Kecamatan Pugaan. Jauhnya kurang lebih 7 kilometer. Berbeda kalau kita lewat jalan ini, 500 meter kita sudah sampai ke Kecamatan Pugaan,” ucapnya.

Jadi jalan yang akan kita buat, kata Fathul, sepanjang 300 meter dengan lebar 4 meter.

Sebagai informasi, Program Keserasian Sosial dari Kementerian Sosial RI yang mendapat bantuan tersebut di Kalimantan hanya dua. Yakni Kabupaten Tabalong dan Hulu Sungai Tengah.

erwin apriadi

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com