SMSI

Festival Pasar Terapung Lok Baintan 2019 Destinasi Pariiwisata Kalsel

Festival  Pasar Terapung Lok Baintan 2019 Destinasi Pariiwisata Kalsel

BANJAR – Festival Pasar Terapung Lok Baintan  2019 di bawah jembatan Desa Sungai Pinang Kecamatan Sungai Tabuk , Minggu(17/11) yang di ikuti ratusan pedagang tersebut menjadi ajang promosi pariwisata Kalsel.

Festival yang di gagas oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisara (Disbudpar) Kabupaten Banjar dilaksanakan setiap tahun Untuk menjaga keaslian tradisi budaya Banjar.

Pasar terapung atau pasar apung yang kini menjadi objek andalan kepariwisataan Kalimantan Selatan,  diperkirakan sudah eksis di era kesultanan Banjar yang masih lestari.

“Sejak dulu sepanjang sungai martapura pasar terapung sudah menjadi bagian hidup masyarakat” Ujar KH Khalilurrahman yang merupakan orang nomor satu di Pemerintahan Kabupaten Banjar.

KH Khalilurrahman menambahkan sejak awal pasar terapung itu berada di sungai martapura Lok Baintan Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar, sehingga keasliannya pun pasar terapung adalah milik Kabupaten Banjar, Bukan milik Kota Mandya Banjarmasin.

Salah satu pengunjung Rizani sangat mengapresiasi pelaksanaan Festival Pasar Terapung ini agar tidak terancam kepunahan.

“Sangat mengapresiasi festival ini , sudah dua kali menyaksikan, dan perlu di lestarikan supaya tidak terancam kepunahan” Imbuhnya.

Perlu di ketahui Festival Pesona Pasar Terapung Lok Baintan 2019 ini juga diisi dengan beragam perlombaan, seperti Tanglong Jukung, Jukung Hias Tradisional, Penampilan Pormasi Jukung, Lomba Photografy dan Penampilan Seni Budaya Khas Kabupaten Banjar.

 

Ratno Timur/IB

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan