SMSI

Bupati Tapin Resmikan Air Mancur Senilai Rp2,4 Miliar di Danau Rantau Baru

Bupati Tapin Resmikan Air Mancur Senilai Rp2,4 Miliar di Danau Rantau Baru

RANTAU,- Air Mancur di kawasan Danau Rantau Baru diresmikan Bupati Tapin Drs.HM.Arifin Arpan,MM pada Sabtu (30/11) malam sekitar pukul 21:00 Wita, disambut warga masyarakat Tapin ingin melihat secara langsung air mancur yang menjadi kebanggan warga Tapin.

Peresmian air mancur ditandai dengan penandatangan dan penekanan tombol sirene oleh Bupati Tapin HM.Arifin Arpan didampingi Wakil Bupati Tapin H.Syafrudin Noor, Sekda Tapin H.Masyraniansyah, Kapolres Tapin AKBP.Eko Hadi Prayitno,SIK, Kejari Tapin Hj.Emy Munfarida,SH, sebagai awal percikan kembang api di udara dan semburan air mancur pertama.

Dalam sambutannya Bupati Tapin Drs.HM.Arifin Arpan,MM mengatakan air mancur ini dibangun karena banyak permintaan masyarakat.

“Dimana mereka meminta kepada Bupati Tapin agar sebaiknya di danau Rantau Baru dibuatkan air mancur. Selanjutnya saya tanggapi permintaan mereka dengan spontan langsung memanggil jajaran Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) untuk mendesain merancang air mancur ini yang sudah bisa kita lihat sendiri,”katanya.

“Semoga kehadiran air mancur ini bisa membahagiakan semua lapisan masyarakat. Karena ini milik masyarakat untuk itu kami meminta tolong mari kita jaga pelihara sama-sama lingkungan daerah ini agar tetap nyaman dan indah. Bila perlu tempatkan petugas khusus yang memelihara air mancur ini,”katanya.

Kemudian pembangunan air mancur ini dikerjakan masih secara bertahap. Karena masih banyak lagi yang belum diselesaikan, contohnya seperti penerangan kawasan ini masih belum maksimal. Jika melihat kota besar RTH itu penerangan tidak selalu menggunakan tiang sebagai penopang, melainkan bisa juga pohon-pohon dimanfaatkan untuk menjadi penyangga tiang lampu penerang, sehingga malam terang, agar menambah keindahan dari fasilitas air mancur di danau ini.

Selain itu, lanjut Bupati, “air mancur ini ditampilkan tidak setiap malam hari. Karena kita masih terbatas anggaran biaya listrik, sehingga dijadwalkan cukup pada malam libur saja,”katanya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tapin, Yustan Azidin,ST mengatakan bahwa pembangunan air mancur di kawasan Danau Rantau Baru ini dibangun menggunakan anggaran APBD Pemkab Tapin Tahun 2019 dengan nilai pagu anggaran sekitar Rp.2.461.299.000,- dikerjakan oleh PT.Aditya dan pekerjaannya didampingi TP4D Kejari Tapin. Sumber listrik untuk menghidupkan air mancur ini penggunaan daya listrik cukup besar sekitar 33 ribu volt ampere.

“Meskipun belum maksimal airancur ini karena masih dalam kontrak kerja.Namun tak kalah pentingnya masyarakat bisa menikmati keindahan bertepatan di HUT Kabupaten Tapin ke-54 kali ini,”katanya.

Reporter Nasrullah

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan