Dinkes Kalsel: Masyarakat di Kabupaten HST Tertinggi Idap Hipertensi

0
34 views

 

BANJARMASIN – Penyakit hipertensi menjadi salah satu penyakit yang paling tinggi diidap sebagian masyarakat di Kalimantan Selatan.

“Dari 4 juta lebih penduduk Kalsel 44 persen diantaranya terkategori mengidap hipertensi. Salah satu penyebab hipertensi adalah perilaku hidup kita, seperti pola makan, merokok, dan minuman beralkohol” kata Kepala Dinkes Kalsel Muslim, Jumat (8/11).

Kata Muslim, kebanyakan masyarakat Kalsel lebih suka mengkonsumsi makanan berminyak atau gorengan serta ikan asin yang memiliki kadar garam yang cukup tinggi. Hal ini juga diperparah oleh kurangnya konsumsi sayur dan buah.

“Ditahun 2013 persentase masyarakat Kalsel yang gemar mengkonsumsi sayur dan buah sekitar 5,5 persen dan sekarang meningkat jadi 98,5 persen” imbuhnya.

Ditambahkan Muslim, bahwa penyakit hipertensi juga merupakan salah satu pemicu terjadinya penyakit stroke.

“Untuk di Kalsel persentase penyakit hipertensi tertinggi ada di Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan paling rendah ada di Kabupaten Tanah Bumbu” tuturnya.

Untuk meningkatkankan kesadaran masyarakat terhadap bahaya hipertensi dan pentingnya konsumsi buah serta sayuran, pada tanggal 20 November mendatang Dinkes Kalsel akan membagikan sayur dan buah secara gratis yang melibatkan acil-acil (ibu-ibu) dengan menggunakan jukung (perahu kecil).

“20 November mendatang kami akan memecahkan rekor MURI untuk pembagian sayur dan buah terbanyak dengan melibatkan sekitar 350 orang acil-acil dan paman dengan menggunakan jukung,” pungkasnya.

FEBRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.