Ormas ASAP Demo Damai Tuntut Peladang Karhutla Dibebaskan

0
34 views

Organisasi Aliansi Solidaritas Anak Peladang ASAP yang dipandu oleh Andreas Cs beserta mahasiswa di Kabupaten Sintang, dan berbagai organisasi dayak telah mengadakan orasi damai didepan Kantor Pengadilan Negeri kelas II Sintang Kamis (21/11). Orasi damai ini menuntut agar para peladang yang sudah ditangkap terkait Karhutla dalam beberapa yang lalu agar dibebaskan

Ormas yang melakukan orasi damai telah didukung penuh oleh anggota DPRD Kabupaten Sintang untuk meminta agar warga yang sudah ditangkap dengan dugaan kasus Karhutla minta segera dibebaskan.

Disini kami datang tidak melawan hukum kami datang untuk membela hati nurani yang tidak berperikemanusiaan. Terkesan dipaksakan dan tidak melalui telaah yang komprehensif terkait identitas dan kearifan lokal kami. Dan akhirnya rakyat kecil yang jadi tumbal.

“Dalam orasi damai ini dengan teriakan yang sering disuarakan oleh masa adalah peladang bukan penjahat dan membakar ladang bukan tindak kejahatan. Kami masyarakat petani sudah menjadi turun menurun membakar ladang untuk mencari nafkah,” katanya.

Setelah beberapa waktu kemudian, Sekjen Majelis Adat Dayak Nasional (MADN) Yakobus Kumis didamping Kapolres Sintang dan bersama pengurus DAD lainnya Masuk dihalaman Kantor Kejari Sintang untuk menjemput 6 orang petani peladang yang ditahan oleh Pengadilan Negeri Sintang untuk dibawa pulang.

Kami minta 6 orang petani peladang ini supaya di vonis bebas tanpa syarat tegas Yakobus Kumis didepan Kepala Pengadilan Negeri sintang dan Aparat ucap nya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.