Rektor Uniska Dikukuhkan jadi Guru Besar

0
86 views

BANJARBARU- Rektor Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjari, Prof Abdul Malik, Msi, Ph.D  akhirnya secara resmi dinobatkan menjadi guru besar Uniska dalam bidang produksi ternak. Pengukuhan dilakukan lewat  sidang terbuka Senat Uniska MAB di Banjarbaru, Sabtu (2/11).

Doktor lulusan UPM Malaysia ini membawakan orasi ilmiah dengan judul “Optimalisasi Efisiensi Reproduksi Melalui Resingkronisasi Estrus Dalam Upaya Meningkatkan Populasi Sapi Potong”. Mengupas soal optimalisasi efesiensi reproduksi sapi potong di Kalsel.

Peningkatan konsumsi protein hewani asal ternak terus meningkat seiring dengan peningkatan pendapatan masyarakat dan laju pertumbuhan penduduk sehingga diperlukan usaha untuk mengantisipasinya.

“Peningkatan efisiensi reproduksi harus terus diupayakan seperti singkronisasi dan resingkronisasi guna meningkatkan populasi sapi potong sehingga diperlukan usaha untuk mengantisipasinya,” ujarnya.

Karena peningkatan konsumsi protein hewani asal ternak terus meningkat seiring dengan peningkatan pendapatan masyarakat dan laju pertumbuhan penduduk sehingga diperlukan usaha untuk mengantisipasinya.

Kata Malik,  upaya peningkatan efesiensi reproduksi harus diupayakan seperti sinkronisasi dan resinkronisasi guna meningkatkan sapi potong, sehingga ketergantungan impor bisa ditekan setiap tahunnya. Perluasan pelaksanaan sinkronisasi yang dilanjutkan dengan resingkronisasi estrus tahap 1,2,3 dan seterusnya bagi sapi yang tidak bunting pasca pemeriksaan kebuntingan dini merupakan upaya yang harus disosialisasikan untuk memperpendek calving interval pada sapi potong,” ujarnya.

“Lewat pemanfaatan teknologi peternakan serta pendampingan teknologi reproduksi, pakan dan kesehatan hewani. Diharapkan tata laksana pemeliharaan yang ramah lingkungan, murah dan mudah dilaksanakan peternak. Kemudian upaya sinkronisasi  dan resinkronisasi  harus dilakukan hingga tahap profil estrus,” paparnya.

Menurut Malik, yang perlu dilakukan adalah kajian guna menunjang hasil, dengan mengkombinasikan penambahan pakan tambahan seperti UM3B guna mendorong keberhasilan program tersebut.

Gubernur Kalsel yang hadir dalam kesempatan pengukuhan menyambut baik, hasil disertasi Rektor Uniska merupakan karya intelektual yang sangat bermanfaat bagi kesejahteraan rakyat. “Kami apresiasi karya ilmiah Rektor semoga bermanfaat bagi upaya peningkatan peternakan di Indonesia. Karena salah satu strategi untuk merekatkan NKRI harus dengan pilar kokoh yakni Sumber Daya Manusia (SDM) yang kuat,” katanya.

reporter : Arum

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.