Dispenduk Capil Kabupaten Banjar Menuju Dukcapil Go Digital

  • Whatsapp

MARTAPURADinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Dispenduk Capil) Kabupaten Banjar menggelar Sosialisasi Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) Dengan Pelayanan Daring/Online Menuju Dukcapil Go Digital di Hotel Tree Park Kertak Hanyar Kabupaten Banjar, Rabu (4/12) pagi .

Kegiatan ini untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat melalui instansi/SKPD yang terkait, kecamatan, kelurahan/desa dalam mewujudkan tertib administrasi kependudukan dan dalam rangka meningkatkan cakupan kepemilikan dokumen kependudukan.

Dalam sambutan Bupati Banjar , Khalilurrahman, dibacakan Sekda Kabupaten Banjar Mokhammad Hilman menyampaikan Di era digital sekarang ini, masyarakat menginginkan pelayanan publik yang serba cepat dan mudah termasuk layanan dokumen kependudukan. Hal ini menjadi faktor kunci yang membawa perubahan paradigma pelayanan publik bidang Adminduk sehingga masyarakat dapat dilayani dari mana saja.

Saya sangat mengapresiasi upaya perbaikan pelayana publik yang terus menerus dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil demi mewujudkan pelayanan publik yang pro rakyat sehingga terwujud Kabupaten Banjar yang sejahtera dan Barokah.

Diantaranya penerapan pelayanan terpadu satu pintu, penambahan 2 (dua) titik layanan di Gambut dan Mataraman, hingga peluncuran Dukcapil Go Digital sehingga proses legalisasi dokumen kependudukan tidak perlu menunggu keberadaan Kepala Dinas di Kantor karena dengan adanya luncuran Dukcapil Go Digital, tanda tangan pengesahan bisa dilakukan dimana saja dengan menggunkan Tanda Tangan Elektronik (TTE).

“Sosialisasi yang kita laksanakan hari ini, merupakan perwujudan dari Gerakan Indonesia Sadar Adminduk atau dikenal dengan GISA, sesuai permendagri nomor 7 tahun 2019 tentang Pelayanan pembuatan Dokumen Kependudukan secara Daring/Online” Ungkap Hilman

Selanjutnya juga, mengucapkan selamat kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atas meningkatnya prestasi dalam penyelenggaraan pelayanan publik sebagai “Role Model Penyelenggara Publik” yang diberikan oleh Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementrian PANRB dimana pada tahun 2018 mendapat kategori Cukup dan di Tahun 2019 meningkat menjadi kategori BAIK.

“Saya berharap Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil terus menerus melakukan perbaikan dan harus berani membuat terobosan sekecil apapun sehingga bisa membuat masyarakat tersenyum mendapatkan pelayanan publik dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil” Ujarnya

Dalam pelaksanaan sosialisasi kali ini berharap bukanlah sekedar acara seremonial belaka tapi diikuti dengan serius, berperan aktif, dan memahami berbagai kebijakan Dukcapil yang disampaikan untuk diterapkan dalam pelayanan yang semakin lebih baik lagi kepada masyarakat.

Ratno Timur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *