KSOP Batulicin-Kotabaru Siapkan Pos Terpadu Angkutan Laut

  • Whatsapp

Batulicin – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kotabaru-Batulicin bersama Danlanal Kotabaru-Batulicin

menyiagakan Posko Terpadu Angkutan laut jelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 guna memberikan jaminan kenyamanan selama arus laut digunakan masyarakat.

Pembukaan posko terpadu tersebut ditandai dengan kegiatan apel bersama, yang digelar di Halaman Terminal Penumpang Batulicin, Selasa, (17/12) sekita pukul 08.00 pagi.

Kepala KSOP Kotabaru-Batulicin Capt M. Hermawan mengatakan, Posko terpadu yang dibentuk itu merupakan tindak lanjut amanat menteri melalui Dirjen Perhubungan Laut harus melalukan kegiatan pembuatan posko terpadu di daerah guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang berlibur maupun mudik kekampung halamanya, maka dari itu jajaran KSOP dengan pihak terkait semua stakeholder, TNI/Polri Kotabaru-Batulicin sepakat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang menggunakan transportasi laut.

“Kami akan memberikan jaminan selama arus mudik hingga arus balik natal dan tahun baru warga,” Ujar Hermawan usai gelar apel bersama.

Ditambahkanya, posko yang dibangun akan menempatkan personil dari berbagai instansi guna mendukung kenyamanan pada pengguna lalulintas laut yang pergi maupun yang datang dari berbagai daerah.

“Sedikit sebanyak 100 orang yang menempati posko tersebut secara bergantian pada saat kedatangan kapal maupun keberangkatan kapal,” sebutnya.

General Manager (GM) PT Pelindo III Kotabaru-Batulicin, Imran Rasidi menambahkan, pihaknya akan memberikan pasilitas senyaman mungkin kepada calon penumpang di terminal penumpang batulicin, semua kebutuhan akan disiapkan baik dari ruang informasi, ruang kesehatan beserta medisnya, ruang ibu menyusui, mushollah, toilet pria wanita untuk memberikan kenyamanan calon penumpang nantinya.

Selain itu ruang tunggu yang di fasilitas tempat duduk yang berkafasitas ratusan orang juga disediakan, serta tambahan toilet diluar terminal juga dibangunkan guna mengantisifasi menlonjaknya penunpang.

“Semua kita siapkan segala kebutuhan penumpang, untuk memberikan rasa nyaman dan aman,” Tutur Imran Rasidi.

Sementara Danlanal Kotabaru-Batulicin Letkol Laut (P) Guruh Dwi Yudhanto S, S.T mendukung penuh kegiatan tersebut, TNI selalu mensuport segala wahana baik personil ataupun alutsista yang ada di lanal, kapal patroliĀ  bila ada kebutuhan darurat akan diturunkan dan stanbay 24 jam.

“Kita akan turunkan kapal patroli dan beraksi cepat untuk melaksanakan pengamanan di pelabuhan dan dipengairan, terutama wilayah perairan yang padat atau sering dilewati akan lebih pokus dan memperbanyak patroli diwilayah tersebut.

rel/ron

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *