SMSI

Polda Kalsel Gelar Refleksi Akhir Tahun 2019: Kasus Narkoba dan Karhutla jadi Atensi Kapolda

Polda Kalsel Gelar Refleksi Akhir Tahun 2019: Kasus Narkoba dan Karhutla jadi Atensi Kapolda

BANJARMASINPolda Kalsel memaparkan sejumlah kasus kriminalitas yang menonjol selama 2019. Kegiatan press release dipimpin langsung Kapolda KalseI Irjen Pol Yazid Fanani yang didampingi Wakapolda dan Irwasda Polda Kalsel, di Aula Rupatama Mapolda Kalsel, Senin (30/12/2019).

Disebutkan kapolda, kasus pengananan karhutla dan narkoba jadi atensi dirinya dan akan terus diungkap, jumlah tindak pidana kasus narkoba tercatat 1.858 kasus selama 2019 dengan 46 orang tersangka. “Jumlah kasus narkoba 60 persen dibanding kasus lainnya, hal ini menjadi pekerjaan kita semua untuk memberantas narkoba di Kalsel,” katanya.

Sementara karhutla di Kalsel selama 2019 tercatat hotspot 1.530 titik dan luas lahan yang berhasil dipadamkan 2.654.437. Polemik kebakaran hutan dan lahan di Kalsel. “Saat ini ada 40 kasus karhutla terjadi sepanjang tahun ini. Rinciannya, 21 perkara pemberkasannya dinyatakan lengkap dan sisanya masih dalam proses penyidikan,” katanya.

Kata Yazid, diakuinya kasus kathutla belum semuanya selesai ditangani. Karena masih dalam proses. “Mudah-mudahan menyelesaikan tunggakan kasus ini awal tahun 2020 mendatang,” katanya.

Data Ditkrimsus Polda Kalsel menyebut, puluhan kasus karhutla yang dilakukan individu dan korporasi. Ada empat perkara kebakaran lahan yang diduga dilakukan perusahaan atau korporasi.

“Semuanya masih dalam penyidikan. Karena ini melibatkan saksi ahli (untuk uji laboratorium). Jadi memakan waktu,” ujar KBO Ditreskrimsus Polda Kalsel, AKBP Suprapto,

Perusahaan-perusahaan yang terseret dugaan pembakaran lahan di antaranya inisial PT MIB dan PT BIT di Kabupaten Banjar; dan PT TAL dan PT ABS di Kabupaten Barito Kuala. Semuanya bergerak di perkebunan kelapa sawit.

“Keempat perusahaan sudah ditinjau oleh pihak kepolisian guna pengambilan sampel tanah yang dilanjutkan uji laboratorium. Lahan yang diduga terpapar aktivitas pembakaran lahan sudah ditutup polisi selama proses penyidikan,” sebutnya.

ida/febri

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan