Giliran Tiga Keluarga di Kuripan Kena Bedah Rumah

0
8 views

Bupati Barito Kuala (Batola) Hj Noormiliyani AS kembali meresmikan penggunaan Rumah Sehat ala TP-PKK, Senin (23/12/2019). Kali ini peresmian dilakukan di wilayah Kecamatan Kuripan tepatnya di Desa Jambu.

Untuk menuju lokasi bedah rumah bupati didampingi Ketua TP-PKK Hj Saraswati Dwi Putranti Rahmadian Noor beserta pengurus, para camat, dan pimpinan organisasi wanita lainnya terpaksa menumpang speedboat.

Ketiga keluarga yang mendapatkan bedah rumah masing-masing ibu Misrah (53) yang berada di RT 001, serta ibu Misnawati (43) dan bapak Imur (70) yang keduanya berada di RT 004. Ketiga keluarga ini dinilai layak mendapatkan bedah rumah karena memenuhi kriteria yang telah ditetapkan.

eresmian bedah rumah yang juga disaksikan Camat Kuripan Hamdi dan isteri, para anggota forkopincam dan isteri, para kades dan ketua TP-PKK desa, serta berbagai lapisan masyarakat itu ditandai pembukaan kunci oleh Bupati Hj Noormiliyani serta pengguntingan pita oleh Ketua TP-PKK Batola Hj Saraswati Dwi Putranti Rahmadian Noor.

Ibu Misrah merupakan seorang janda yang memiliki tiga anak yang tinggal serumah. Dua anaknya laki-laki hanya bekerja sebagai pencari kayu galam dan satu perempuan sudah bersuami dan memiliki anak juga tinggal bersamanya.

Demikian pula ibu Misnawati merupakan seorang janda beranak tiga, dua di antara anaknya laki-laki yang bekerja sebagai pencari ikan dan kayu galam. Sedangkan satu anaknya lagi perempuan masih bersekolah. Misnawati sehari-harinya hanya bekarja sambilan di perkebunan kelapa sawit dengan hasil yang kurang mencukupi.

Sementara bapak Imur yang tinggal bersama isteri dan empat anaknya sehari-harinya hanya bekerja serabutan. Di usia yang sudah tua, Imur terpaksa harus menghidupi keluarganya yang salah satu anaknya memiliki keterbelakangan mental.

Dengan adanya bantuan bedah rumah ini, Imur mengaku sangat terbantu untuk kebutuhan rumah. Mengingat rumah ditinggalinya sebelumnya selain kecil juga tergolong tidak layak.
Selain mendapatkan rumah bertipe 36 plus berlistrik yang terdiri dari ruang tamu/keluarga, dua kamar tidur, dapur dan teras luar, serta WC dibangun dengan material tongkat kayu ulin, papan kayu lanan, atap seng metal, kalsiboard, pasir dan semen.

Ketiga penerima bantuan juga mendapat perlengkapan rumah tangga dan sembako sebanyak 29 jenis di antaranya lemari pakaian, kasur, meja kursi, gorden, beras, gula, dan lain-lain dari dinas sosial.

Selain itu mereka juga mendapatkan bantuan ternak ayam dari dinas peternakan, bantuan tanaman RPL dari dinas perikanan dan ketahanan pangan, televisi dari DWP, sepeda untuk anak dari disdik, dan perlekapan sekolah dari Ketua TP-PKK Batola.

upati Batola Hj Noormiliyani mengatakan, Bedah Rumah ala TP-PKK Batola ini memang berbeda dengan jenis bedah rumah lainnya. Bedah Rumah ala TP-PKK Batola, sebut dia, dilaksanakan dengan membangunkan rumah secara utuh dengan persyaratan-persyaratan tertentu.

Di hadapan para hadirin, Noormiliyani menceritakan asal mula munculnya gagasan bedah rumah yang ia prakarsai semasa menjabat Ketua TP-PKK mendampingi sang suami Bupati H Hasanuddin Murad.

Intinya, jelas mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel itu, program bedah rumah untuk membantu kepemilikan rumah bagi warga yang tidak memiliki rumah layak huni sekaligus untuk menumbuhkan kembali semangat kegotong-royongan, rasa kesetiakawanan sosial, dan menumbuhkembangkan rasa perduli terhadap sesama.

Ketua TP-PKK Batola, Hj Saraswati Dwi Putranti Rahmadian Noor berharap melalui program bedah rumah ini akan mendorong dan memacu tumbuhkembangnya rasa kepedulian dan kesetiakawanan sosial terutama terhadap warga yang kurang mampu. Sehingga dapat menjadi daya dorong bagi seluruh masyarakat untuk meningkatkan partisipasi dalam rangka membangun daerah.

Untuk itu, isteri Wakil Bupati Batola H Rahmadian Noor itu, mengajak kepada semua warga terutama seluruh TP-PKK kecamatan dan desa beserta segenap kader untuk terus berusaha semaksimal mewujudkan impian dengan turut mengambil peran di setiap aspek pembangunan agar capaian kemajuan dapat terus berjalan demi mewujudkan pemerataan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Humpro Batola

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.