Polsek Pelabuhan Batam Ringkus Calo Penjual Tiket Kapal Laut

0
26 views

BatamHal ini diungkapkan Kapolres Barelang Akun Komisaris Besar Polisi Prasetyo dalam konperensi Pers di Media Center Polres hari ini, Jumat, 13 Desember 2019,

Polsek Pelabuhan Batam berhasil mengamankan 2 orang tersangka calo tiket dan mengamankan 7 tiket kapal KM Keluar dari Batam tujuan Belawan.

Dalam aksinya ini sudah ada 2 tiket yang terjual kepada penumpang, dimana modus pelaku dalam menjalankan aksinya dengan cara membeli tiket di Pelni menggunakan Kartu Keluarga milik saudaranya. Kemudian tiket yang sudah didapat, dijual kembali kepada calon penumpang dengan mendapatkan selisih harga Rp120 ribu per tiket. Padahal harga tiket resmi di Pelni Rp230 ribu, tapi oleh pelaku dijual Rp350 ribu.

“Alasan yang disampaikan kepada calon penumpang bahwa tiket KM Keluar tanggal 29 Desember 2019 dari Batam menuju Belawan telah habis, sehingga dengan alasan ini para calon penumpang berusaha membeli tiket dari  para calo,” katanya.

Kata Kapolres, berharap penumpang kapal laut jangan mau membeli tiket lewat jasa calo lebih dipersiapkan sebelumnya jika memang ingin bepergian. Dengan kasus ini jadi pelajaran berharga.

“Untuk itu kami berharap dengan pengungkapan ini bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang ingin menggunakan angkutan laut untuk merayakan Natal dan Tahun baru dikampung halamannya, sehingga praktek-praktek calo di pelabuhan sudah bisa kita hilangkan,” ujarnya.

Ketika ditanyakan dugaan keterlibatan oknum Pelni? Prasetyo melihat tidak ada keterlibatan pihak Pelni, murni permainan pelaku yang berinisial MS dan AR. Turut diamankan 1 lembar Foto kopi KK, 1 Lembar foto kopi KTP, 1 buah ID Card Parkir dan uang sebanyak Rp 700 ribu serta 1 buah Peluit. Pelaku sudah ditahan di Mapolres Barelang.

Penulis: Gusty Bebi Daga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.