Sambut Hari Juang TNI AD, Kodim1010 Rantau Bagi Sembako ke Lansia

0
13 views

RANTAU,Sungguh mulia kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan anggota TNI Kodim1010 Rantau dalam rangka memperingati puncak HUT ke-74 Hari Juang TNI Angkatan Darat di kantor Kodim1010 Rantau, Minggu (15/12) pagi.

Raut wajah berseri nenek Masnah (60) warga Bitahan sekitar kantor Kodim nampak jelas terlihat senang, bermodal kupon antrian berjalan bersama rekan sebayanya dengan langkah tertatih pelan seakan tereplikasi puluhan tahun silam di usianya kini yang rata-rata lebih dari separuh abad terbilang, biar pelan asal selamat sampai tujuan menyeberangi jalan nasional.

Setibanya di tempat, para lansia duduk, diantaranya terdengar ada yang berdehem dan terlihat menatap tajam sosok Ketua Persit Kartika Chandra Kirana mendampingi Dandim1010 Rantau, Let.Inf.Rio Neswan dalam menyampaikan sambutan dan ungkapan terima kasihnya seraya memohon doa restu terhadap para orang tua di HUT ke-74 Hari Juang TNI AD semoga kita dapat memantapkan Kemanunggalan TNI terhadap rakyat khususnya di wilayah Tapin dan mendukung program Polri dan Pemda Tapin dalam mengwujudkan Tapin Mandiri Sejahtera Yang Agamis (Tamasa).

“Alhamdulillah saya senang menerima hadiah paket dari prajurit TNI yang perduli terhadap lansia , sehingga bersedia kami datang menerima paket sembako ditandai foto bersama mereka sebagai bentuk kenangan,”kata Nenek Masnah.

Selain pembagian paket sembako juga dilaksanakan bakti sosial lain untuk rakyat, seperti donor darah dan sunatan massal di tempat yang sama.

Dandim1010 Rantau, Let.Inf.Rio Neswan mengatakan, kita memperingati HUT ke-74 hari juang TNI Angkatan Darat atau Hari Lahirnya TNI Angkatan Darat dengan mengusung tema TNI AD adalah Rakyat. “Tema ini menyadari bahwa TNI lahir 74 tahun lalu dari rakyat yang pada waktu itu ada badan-badan pejuang yang dibentuk oleh rakyat untuk bergabung membentuk TNI AD. Selanjutnya,TNI AD di bawah pimpinan Panglima Besar Jenderal Sudirman, melawan penjajah untuk merebut kembali tanah air, “katanya.

Lanjut dikatakan Dandim, “Kalau dulu HUT ini dikenal dengan Hari Juang Kartika, kali ini ditetapkan perubahan melihat kasat yang baru meneliti kembali sejarah singkat lahirnya TNI AD, sehingga ditetapkan yang semula Hari Juang Kartika menjadi Hari Juang TNI AD yang jatuh pada 15 Desember, “katanya.

Tahun ini diperingati tersebar di setiap wilayah-wilayah Indonesia. Dan untuk Kodam Mulawarman dipusatkan di Samarinda, Kalimantan Timur tepatnya di Kodim Kutai Kartanegara. Demikian di kodim-kodim yang tersebar di wilayah lainnya turut memperingati dengan menggelar rangkaian kegiatan untuk rakyat diantaranya bakti sosial berupa pemberian sembako, donor darah, dan sunatan massal yang dilaksanakan serentak pada hari ini.

“Sebelumnya Kodim1010 Rantau juga sudah melaksanakan kegiatan lain seperti pembersihan rumah ibadah dan pembersihan lingkungan masyarakat di Cangkring, Kecamatan Tapin Utara, Hiburan bersama rakyat dengan pemberian door prize, Hingga kemarin kita melaksanakan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Puspa Raya, Kecamatan Lokpaikat, “katanya.

“Dan hari juang TNI AD ini diharapkan TNI jaya selama-lamanya, TNI bisa mempertahankan sebagai institusi yang terpercaya di Indonesia,”pungkasnya.

Reporter Nasrullah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.