Peringatan Hari Amal Bhakti ke – 74 di Pemkab Kapuas Berlangsung Khidmat

  • Whatsapp

KUALA KAPUAS – Kementerian Agama Kabupaten Kapuas menyelenggarakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) ke – 74 Kementerian Agama Republik Indonesia tahun 2020 yang mana Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor bertindak selaku pembina upacara, Jum’at (3/1/2020) pagi di halaman MTsN 1 Kapuas Jalan Tambun Bungai.

Tampak hadir mengikuti upacara, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Kabupaten Kapuas H Ahmad Bahruni, Unsur Forkopimda Kabupaten Kapuas, Segenap Kepala Perangkat Daerah, Kepala Kantor Urusan Agama se Kabupaten Kapuas, para guru MIN, MTsN dan MAN se Kabupaten Kapuas, para tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dan tamu undangan.

Menteri Agama Republik Indonesia Fachrul Razi dalam amanatnya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Kapuas menyampaikan bahwa agama dan negara saling membutuhkan dan mengkokohkan untuk kebahagiaan hidup manusia. Penguatan identitas keagamaan dan penguatan identitas kebangsaan tidak boleh dipisahkan dan dipertentangkan akan tetapi harus dalam satu kotak untuk melahirkan moderasi beragama dan bernegara.

“Penguatan identitas keagamaan bila dipisahkan dari spirit bernegara dapat melahirkan radikalisme beragama. Sebaliknya penguatan identitas bernegara bila dipisahkan dari spirit beragama dapat memberikan peluang berkembangnya sekularisme dan liberalisme,” ungkap Nafiah.

Lebih lanjut, sejalan dengan tema HAB ke – 74 yaitu ‘umat rukun, Indonesia maju’ dirinya mengajak seluruh masyarakat dan terlebih seluruh jajaran Kementerian Agama untuk menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama di Tanah Air. Kerukunan umat beragama merupakan modal bersama untuk membangun negara dan menjaga integrasi nasional. Untuk itulah Kementerian Agama hadir untuk melindungi kepentingan agama dan semua pemeluk agama serta membantu mengawal dan mengembangkan peran strategis secara kontekstual ditengah masyarakat.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor berharap di Hari Amal Bhakti ke – 74 menjadi momentum dalam kerjasama dan koordinasi antara Kementerian Agama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas untuk semakin meningkat sehingga terbinanya kerukunan antar umat beragama di masyarakat untuk bersama membangun Kabupaten Kapuas sejahtera lahir dan batin.

Hal senada juga disampaikan oleh Kakanwil Kemenag Kabupaten Kapuas H Ahmad Bahruni yang menjelaskan bahwa Kemenag Kabupaten Kapuas akan selalu siap untuk mendukung program-program pemerintah daerah dalam rangka untuk memberikan pelayanan khususnya dibidang agama di Kabupaten Kapuas.

Kemudian, ia menerangkan peringatan HAB pada tahun ini telah dilakukan berbagai macam kegiatan salah satunya yang telah dilaksanakan seperti sunatan massal dan jalan sehat. Ia menerangkan bahwa peringatan HAB sendiri masih akan ada kegiatan lainnya yaitu parade syair, fun bike, Festival Anak Soleh Indonesia (fasi) yang bekerjasama dengan pemerintah daerah dan juga peresmian musholla Al Ikhlas Kemenag Agama Kapuas serta Koperasi yang baru.

Selain pengibaran bendera, peringatan HAB ke – 74 di Kabupaten Kapuas itu juga dilakukan penyematan Setya Lencana 10, 20 dan 30 tahun kepada 31 ASN di lingkungan Kemenag Kabupaten Kapuas dan penyerahan penghargaan kontributor berita website serta penetapan pelaporan terbaik KUA Kecamatan. rini/hmskmf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *