Smart Card Segera Diterapkan di Dishub Banjarbaru

  • Whatsapp

BANJARBARU– Unit Pelaksana Tugas (UPT) Pengujian dan Perbengkelan Kendaraan Bermotor (PKB) Dinas Perhubungan (Dishub) Banjarbaru akan menerapkan buku KIR yang akan diganti menjadi Smart Card atau Kartu Pintar dalam pengujian kendaraan bermotor.

Hal ini disampaikan oleh Kepala UPT PPKB Magi bahwa rencananya Dishub Kota Banjarbaru akan melakukan peralihan buku KIR menjadi Smart Card atau Kartu Pintar.

“Memang untuk Kota Banjarbaru alat sudah ada, dan jaringan terpasang artinya fasilitas siap, tinggal menunggu kartu dari pusat. Kartu kita beli ke pusat, jadi bisa terkontrol dan terintegrasi ke pusat seperti dapat mengetahui jumlah mobil yang terdaftar. Bentuknya berupa kartu,” ungkap Magi , Kamis (23/01/2020).

Smart Card sendiri telah dilakukan pemerintah pusat sejak tahun 2017, terakhir pada bulan Desember 2019 telah dikerjakan dan tahun 2020 sudah mulai efektif.

Namun, Dishub Kota Banjarbaru masih belum menerbitkan Smart Card. Hal itu dikarenakan belum keluarnya anggaran pembelian kartu dari Pemerintah Kota Banjarbaru, rencananya pada bulan Maret 2020 nanti anggaran sudah mulai ada.

“Ketika kartunya tiba disini nanti akan kita terapkan, di sana tidak bisa beli kartu dulu. Harus melalui kontrak dan bisa dipertanggungjawabkan, jadi kartu yang keluar berapa itu yang dilaporkan ke pusat,” tuturnya.

Smart Card tersebut nantinya diharapkan akan mempermudah pemilik kartu, sebab bentuknya seperti kartu e-KTP. Sehingga lebih mudah dibawa, dan tersedia scanner barcode didalam Smart Card tersebut.

Ratno Timur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *