Bangunan di Sampit, Wajib Miliki Izin Mendirikan Bangunan

0
88 views

Bangunan warung makan yang tidak mengantongi IMB di lahan PT.Inhutani III Sampit perlu tindakan tegas aparat. (nal/brt).

Sampit – Pendapat segelincir orang dan bertentangan dengan peraturan, bahwa mau dirikan bangunan apapun tidak perlu lagi menggunakan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sebagaimana sebelumnya.

Ini setelah mereka mengartikan pemerintah melalui Kementerian Agraria Tata Ruang dan Kepala Badan pertanahan Nasional (ATR/BPN) untuk mengurangi dan menghilangkan perizinan yang dianggap mempersulit perkembangan Industri ditanah air.

Hal ini mendapat tanggapan keras dari kepala perizinan, Jhony Tangkere yang mengatakan bahwa pembangunan jenis apapun juga tetap harus ada IMB. Kalau mereka beranggapan dan berpatokan dengan Kementrian Agraria Tata Ruang dan Kepala Badan pertanahan Nasional.

Itu hanya sebuah wancana dari beliau dan tidak ada dasar hukumnya berupa UU/PP/Perpres, jadi selama itu belum diatur dalam perundang undangan IMB tetap berlaku dan perlu di ingat juga untuk menghapus IMB tidak semudah membalikan telapak tangan serta ucapan.

“ Kalau mereka tetap tidak mematuhi aturan mendirikan bangunan tanpa IMB, itu tugas dari Sat Pol PP menegak aturan.” Terang Jhony kepada infobanua melalui telpon selularnya.
Berkaitan dengan mulai menjamurnya bangunan dengan sistem sewa yang mempergunakan lahan PT.Inhutani III Sampit, namun para pedagang yang tidak tahu permasalahan izin serta dipengaruhi kembali oleh oknum yang tidak bertanggungjawab mengatakan bahwa tidak perlu IMB akhirnya pedagang dirugikan.

Dihubungi secara terpisah Kabid Tata ruang kantor PUPR Sampit, Wiwid menjelaskan kalau lahan PT.Inhutani III Sampit tersebut merupakan Ruang Terbuka Hijau (RPH). Menurut Wiwid bangunan tersebut izinnya harus dipending tidak dikeluarkan, makanya kemaren pihak PT.Inhutani III Sampit diminta paparan ke Bupati Pemerintah Daerah.

“Paparan itu sangat diperlukan, sebab perencanaan PT.Inhutani III Sampit itu seperti apa ini belum ditanggapi.” Ujar Wiwid. Untuk bangunan warung dan lainnya yang tidak mengantongi IMB ditunggu sikap Sat Pol PP penegak aturan.

Zainal/IB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.