Perpustakaan dan Galeri Kota Bogor Akan Tampilkan Tentang Sejarah Bogor

0
4 views

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Arsip dan Perpustakaan akan segera membangun Perpustakaan dan Galeri Kota Bogor yang berlokasi di Eks Gedung DPRD Kota Bogor, Jalan Kapten Muslihat.

Saat ini proses lelang sedang berlangsung. Jika tidak ada halang melintang pembangunan fisik akan selesai Oktober mendatang.

“Target pembangunan dikerjakan tujuh bulan, anggarannya Rp 14,5 Miliar, ini baru untuk bangunan saja,” ujar Wali Kota Bogor, Bima Arya usai Rapat Koordinasi Pimpinan di kantor Dinas Arsip dan Perpustakaan, Jalan Semeru, Kamis (30/01/2020).

Bima menegaskan, anggaran furniture dan lainnya akan dilakukan bertahap. Sebagian anggaran furniture diusahakan pada anggaran  perubahan dan sisanya dianggarkan pada APBD 2021 dengan total pembiayaan sekitar Rp 2,4 Miliar.

“Semua tentang Bogor akan dikumpulkan di Perpustakaan dan Galeri Kota Bogor. Mulai dari sejarah Bogor dari zaman prasejarah, kerajaan,  modern, tak terkecuali cerita wali kota Bogor dari masa ke masa, baik dari bentuk file, foto, video dan film,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Bogor, Agung Prihanto mengatakan, konsep perpustakaan ini bukan hanya untuk membaca. Tapi akan ada banyak kegiatan komunitas, fasilitas permainan anak-anak tradisional, studio untuk pemutaran video, galeri foto, rooftop di lantai 4 dan rencananya ada day care.

“Perpustakaan empat lantai ini akan kami buat senyaman mungkin dengan menghadirkan  teknologi digital untuk menarik semua elemen masyarakat berkunjung ke perpustakaan dan galeri ini,” ujarnya.

Erik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.