Satlantas Polres Tapin Berkreasi Digital Layani Ujian Teori Online

  • Whatsapp

RANTAU, Infobanua.co.id – Bagi warga masyarakat yang ingin mengajukan pembuatan SIM (Surat Ijin Mengemudi) tentunya harus mengikuti serangkaian ujian Teori dan Praktek lebih dulu bagi peserta sim baru , Saat ini ujian teori tidaklah repot, karena Satlantas Polres Tapin berkreasi secara digital telah menyediakan ruangan ujian bagi pemohon yang didalamnya berisikan 10 unit PC Komputer khusus mereka yang melakukan ujian online dibawah kontrol pengawasan jaringan cyber Korlantas Polri.

Sebagaimana dijelaskan Baur SIM Polres Tapin Aipda Sahfajar ,S.AP kepada Infobanua.co.id. Rabu (5/2) di ruang pelayanan pembuatan SIM Polres Tapin.

Masyarakat pemohon pembuatan SIM tahap pertama mereka mendaftar di loket 3 Pendaftaran sim dan disitu mereka mengajukan permohonan dan pengambilan foto, sidik jari, dan tanda tangan.Selanjutnya petugas kita memberikan nomor registrasi untuk tahap mengikuti serangkaian ujian di ruangan ini.

“Disini kita buka pendaftaran mulai pukul 8:30 WITA sampai pukul 12:00 Wita siang. Namun kalau pemohonnya banyak itu akan kita selesaikan hingga sore hari,”katanya.

Dalam mengikuti ujian online ini, pemohon disediakan fasilitas ruangan ber ac dan juga seperangkat PC komputer dengan layar sentuh dan sistem aplikasi ujian SIM dari Korlantas Polri. Hanya melihat soal yang disajikan dalam bentuk visual dan menjawabnya cukup dengan menyentuh tombol benar atau salah.Materi soal pada sistem aplikasi Ujian SIM meliputi seputar
tata cara berperilaku di jalan raya atau lebih ke pengetahuan tentang lalu lintas. Sambil belajar ujian teori, kita juga semakin memperkaya wawasan soal berlalu lintas di jalan raya. Kita secara tidak langsung diajarkan bagaimana etika berkendara di jalan saat ada kendaraan lain ingin mendahului dan menentukan prioritas di persimpangan.Waktu yang diberikan pun hanya 15 menit untuk mengerjakan sejumlah 30 soal. Peserta dinyatakan lulus atau tidaknya dalam ujian teori ini pun langsung ditayangkan dilayar sistem aplikasi ujian SIM dari Korlantas Polri, setelah pemohon menjawab soal.

“Tidak usah kuatir dalam mengikuti ujian online ini bagi pemohon terutama orang tua yang masih bingung menggunakannya, petugas kita akan mendampingi. Sesuai pelayanan yang kami miliki adalah Senyum Anda Kebahagian Kami,”katanya.

Tahap selanjutnya setelah mengikuti ujian teori ini, pemohon diajukan ke tahap berikutnya mengikuti ujian praktek. Dan apabila dinyatakan lulus maka peserta uji sim melakukan pembayaran pada loket pembayaran bank bri yg sudah kami sediakan .

Reporter Nasrullah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *