SMSI

Lanjut Kesaksian Saksi Kasus Pembakaran Lahan yang Menjerat Saprudin

Lanjut Kesaksian Saksi Kasus Pembakaran Lahan yang Menjerat Saprudin

Muara Teweh,Infobanua.co.id – Sidang kasus mendengarkan keterangan saksi pembakaran lahan yang menjerat

Saprudin (61) sebagai terdakwa,polisi selaku pembuat berita acara pemeriksaan (BAP). Saksi yang dihadirkan yakni Fajrin, salah satu polisi dari Polres Murung Raya (Mura) di Pengadilan Negeri (PN) Muara Teweh.

” Saksi yang hadir kali ini merupakan polisi pembuat BAP sekaligus yang ikut melakukan penangkapan terhadap terdakwa Saprudin di Desa Juking Pajang, Kecamatan Murung, Kabupaten Mura. la dihadirkan oleh Hakim PN Muara Teweh Cipto Hosari Parsaroan Nababan. Hal itu dikarenakan pada saat pemeriksaan terhadap terdakwa pada 27 Januari 2020, ada beberapa keterangan yang dibantah dan dikatakan tidak benar.

Dalam kesaksian Fajrin mengakui, bahwa ia ikut serta dalam penangkapan saat itu. Berempat menggunakan kelotok menuju lokasi kebakaran. Dikatakannya, informasi kebakaran diketahui dari warga yang melapor “Sekitar dua hektare kata Fajrin.

Beda dengan Nashir Hayatul Islam selaku pengacara terdakwa saat ditemui wartawan selesai persidangan mengatakan,” dalam Saksi BAP dari Anggota Penyidik Polres Murung Ranya terkesan cuma mengejar target tangkapan kasus Karhutla saja karna dalam kasus ini terbukti para saksi penyidik berbeda-berbeda menyebutkan luas lahan,”ucap Nashir Senin 03/02/2020

Lanjut Nashir dari kesaksian BAP yang terbakar dari sekitar 2 hektar, 1,5 hektar ada yang bilang 1 hektar. Padahal mereka juga menyatakan setelah ditangkap terdakwa dibawa ke polres utuk dilakukan tahap penyelidikan dan penyidikan, Sementara lahan pak sapur tidak pernah sama sekali diukur oleh para penyidik.

” Ini sangat vatal bagi sop seorang anggota polri. Sehingga perlu sebelum putusan majelis hakim maka kami akan mengajukan “Peninjauan Setempat” terhadap lokasi kebakaran yang hanya berukuran 50 x70 m2,”pungkas Nashir .

Penulis: Iwan

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan