Air Laut Genanggi Lahan Sawah Warga Desa Segumbang Tanbu Petani Gagal Panen

  • Whatsapp

Tanah Bumbu, Infobanua.co.id – Ratusan Hektar lahan pertanian milik warga Desa Segumbang Kecamatan Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan.

“Para petani mengeluh banjir air asin yang masuk kelahan pertanian, hingga membuat petani mengalami kerugian gagal panen akibat air asin yang masuk ke area lahan pertanian mereka karena tidak adanya tanggul petahan air asin.

“Setiap tahun kami sudah pasti merugi karena hasil panen padi kami jauh dari apa yang kami harapkan sebab air asin yang masuk ke area persawahan akan membuat tanaman padi menjadi layu.” Kata Jainul (50) ketua kelompok Tani Mandiri Desa segumbang, kepada media online infobanua.co.id (21/2).

Menurutnya ratusan Ha. Pertanian dimasuki air laut, karena tidak ada tanggul penahan air asin pasangnya air laut. Akibat air asin masuk merendam padi yg sudah di tanam berumur masih muda,meski tidak lama menggenangi, akibat air garam itu membuat tanaman padi menjadi layu dan mati.

Padahal itu terjadi berkali-kali akibat air asin karena tidak adanya tanggul penahan. masuk ke area persawahan akan membuat tanaman padi menjadi layu.” Kata Jainul (50) ketua kelompok Tani Mandiri Desa segumbang, kepada media online infobanua.co.id (21/2).

Kami sangat berharap agar pemerintah daerah bisa mencarikan jalan solosinya untuk membikinkan tanggul penahan air asin yang selam ini masuk ke lahan pertanian kami. Padahal kami di tahun 2019 sudah di janjikan untuk di bangunkan tanggul tersebut,tapi sampai sekarang belum juga ada.”jelasnya dengan nada sedih.

Suara yang sama juga di sampaikan oleh seketaris kelompok tani mandiri, Andi Sanira (45) kami sangat berharap untuk di bangunkan tanggul, sepenjang tiga ribu meter supaya lahan sawah kami tidak kemasukan air asin lagi.”jelasnya.(R)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *