GUBERNUR KALSEL APRESIASI PERUSAHAAN BUKA KESEMPATAN KERJA

  • Whatsapp

BANJARMASIN – Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor membuka Pameran Bursa Kerja atau Kalsel Job Fair 2020, Rabu (26/2/2020), di Gedung Sultan Suriansyah. Banjarmasin.

Selain membuka Kalsel Job Fair 2020, Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel juga memberikan Sertifikat Zero Accident kepada perusahaan yang memenuhi Standar Operasional Kerja (SOP) terhadap pekerja.

Sebanyak 118 perusahaan memperoleh penghargaan. Sebanyak 93 perusahaan mendapatkan penghargaan program zero accident dan 25 perusahaan meraih penghargaan untuk program P2HIV-AIDS.

Paman Birin juga membuka pelatihan berbasis kompetrnsi dan meresmikan Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) Provinsi Kalsel.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada perusahaan yang selama ini berkontribusi membuka atau mempekerjakan masyarakat Banua.

sehingga berdampak menurunkan angka pengangguran.

“Kita terus berupaya menurunkan angka pengangguran di Kalsel. Saya berharap ke depan, masyrakat tidak hanya terus mencari kerja, tetapi juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan, ini sangat kita harapkan,” ujarnya.

Plt Ditjen Binapenta Kementerian Ketenagakerjaan, Aris Wahyudi mengatakan, saat ini sudah ada 42 LTSA di Indonesia, termasuk di Kalsel, dan akan ditambah lagi di Kalsel.

“Di Indonesia sudah ada 42 LTSA, termasuk di Kalsel yang diresmikan hari ini. Nanti akan kita tambah lagi LTSA di Kalsel,” ujarnya.

LTSA merupakan salah satu cara untuk mencegah dan mengurangi Pekerja Mogran Indonesia (PMI) non prosedural, selain memperkuat program Desa Migran Produktif (Desmigratif).

“LTSA adalah salah satu program perbaikan tata kelola penempatan dan perlindungan PMI dalam upaya pelayanan kepada masyarakat. Pemerintah pusat dan pemda memiliki kewajiban memberikan pelayanan kepada pekerja migran secara cepat, murah, mudah, transparan,“ katanya.

Sementara Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kalsel, Siswansyah mengatakan, bursa tenaga kerja bakal digelar dari 26 hingga 28 Februari 2020.

“Job Fair 2020 diikuti 50 perusahaan. lebih dari seribu lowongan pekerjaan yang diberikan kepada masyarakat Kalsel,” katanya.

Kesempatan kerja ini terbuka secara luas bagi seluruh masyarakat Kalsel. Namun dia mengimbau kepada para pelamar agar menyesuaikan kompetensi sesuai dengan pilihan perusahaan.

“Mereka (perusahaan) mencari kompetensi pekerja sesuai dengan pendidikan dan yang sudah dilatih BLK (Balai Latihan Kerja). Namun bagi yang baru lulus, untuk pekerjaan yang sifatnya pemula, ya tidak apa-apa,” tuturnya.

Ditambahkan Siswansyah, melalui Kalsel job fair tersebut akan digelar tes wawancara langsung antara pihak pencari kerja dan penyedia lapangan kerja.

“Dengan adanya job fair, maka lulusan perguruan tinggi yang mencari pekerjaan tinggal mendatangi stand-stand perusahaan sesuai pilihan,” tegasnya.

Dipaparkanya, dari tahun ke tahun, job fair yang digelar Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kalsel selalu banjir pengunjung.

Untuk pendaftaran pencari kerja, calon pelamar dapat mengunjungi laman http://e-bursakerja.kemnaker.go.id. Seluruh proses pendaftaran tidak dikenakan biaya atau gratis untuk umum.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *