Dishub Kotabaru Gencar Lakukan Penertiban Kendaraan Angkutan Lebihi Kapasitas

0
5 views

KOTABARU – Dinas Perhubungan Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan, belakangan ini gencar melaksanakan razia mobil angkutan.

Ada sejumlah titik tempat pelaksanaan razia, mulai dari Terminal Stagen hingga Jalan Kota. Sebelumnya, razia dilaksanakan diterminal penumpang di Stagen, ada sebanyak 30 mobil angkutan yang terjaring razia.

Beberapa di antaranya terbukti lakukan pelanggaran. Mulai dari jenis pelanggaran tidak miliki Buku Kir, tidak ada izin angkut dan melebihi kapasitas. Dari 30 yang terjaring, 8 di antaranya dikenakan tindakan tilang.

Selain itu, pada Rabu lalu, Dinas Perhubungan Kotabaru yang dipimpin H Sugian Noor, juga sempat menertibkan mobil CPO yang lalu lalang di jalan perkotaan. Razia penertiban itu dilaksanakan bersama dengan jajaran Satuan Lalu Lintas Polres Kotabaru.

Begitu juga di Jalan Pangerajan Jaya Sumitra di depan perkantoran Bupati dan gedung Abdi Negera, juga petugas Dishub melakukan penertiban yang rata-rata parkir mobil dibahu jalan. Akibatnya, arus lalu lintas juga bisa teranggung sehingga perlu ditertibkan.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kotabaru, H Sugian Noor, Sabtu (8/2/2020), penertiban itu akan terus dilakukan. Ini sebagai langkah atau upaya meminimalisir tingkat kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Kotabaru ini.

Selain itu, penggunaan jalan angkutan juga harus diterapkan sehingga mobil tidak seharusnya melintas di jalan tersebut. Selain itu, banyak pula angkutan yang over kapasitas.

“Semua perlu kita tertibkan. Bila perlu setiap hari kami akan turun ke lapangan agar kendaraan angkutan bisa tertib dan mentaati aturan keselamatan dan izinnya,” katanya.

Sugian juga menyebutkan, penertiban tidak hanya dilakukan di Pulau Laut saja. Namun juga akan dilakukan diwilayah sebrang. rel

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.